Traveling ke Semarang, Jangan Lupa Beli 7 Oleh-Oleh Khas Ini

Mustafidhotul Ummah, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 301 2302301 traveling-ke-semarang-jangan-lupa-beli-7-oleh-oleh-khas-ini-eBu7jSZEsl.jpg ilustrasi lumpia (Okezone)

SEMARANG memiliki sederet julukan di antaranya Venice van Java atau Vanesia di Jawa, The Port of Java atau pelabuhannya Jawa bahkan pesona Asia. Ibu Kota Jawa Tengah ini memang salah satu destinasi yang dikunjungi sekitar 4 juta wisatawan tiap tahun.

Semarang punya banyak benteng dengan arsitektur kuno dan satu-satunya di Asia Tenggara. Daya tarik lainnya adalah Kota Tua dengan bangunan-bangunan yang unik, situs sejarah, objek wisata alam, wisata religi dan lainnya.

Berkunjung ke Semarang tidak lengkapnya rasanya tanpa mencicipi makanan tradisonalnya. Kemudian membawa pulang oleh-oleh khas Semarang untuk keluarga, tetangga, teman atau pacar.

Berikut 7 oleh–oleh khas Semarang yang dirangkum Okezone dari beberapa sumber :

1. Bandeng Presto

Bandeng presto termasuk makanan khas Semarang. Kota ini memiliki banyak tambak dan salah satu daerah penghasil ikan bandeng di Pulau Jawa. Bandeng presto pun jadi salah satu buah tangan bagi orang-orang yang berkunjung ke Semarang.ilustrasi

Bandeng presto (Okezone.com/Revi)

“Bandeng presto selalu jadi andalan di keluarga aku kalau lagi ke Semarang, bahkan tante aku yang ada di Bogor sampai nitip katanya rasanya beda dari Bandeng Presto lainnya,” kata Wahyuni, warga Semarang saat berbincang dengan Okezone.

2. Tahu Baxo

Tahu Baxo merupakan tahu berisi bakso daging. Makanan ini sangat diminati pelancong sebagai oleh-oleh di Semarang. Tahu baxo tersedia dalam bentuk rebus maupun goreng, tinggal pilih saja sesuai selera.

3. Sarang Madu

Sarang madu adalah tepung beras dengan campuran santan yang digoreng mirip sarang burung lalu di atasnya diberikan gula merah kental serupa madu. Rasnaya gurih dan manis. Kuliner ini juga sering jadi oleh-oleh di Semarang.

“Sarang madu itu memang ciri khas orang Semarang, apalagi pas lebaran toples di rumah nenekku selalu penuh,” kata Wahyuni.

4. Lumpia

Semarang dijuluki sebagai Kota Lumpia. Ya, ini memang kuliner khasnya. Lumpia Semarang secara umum ada jenis yakni lumpia basah dan kering. Teksturnya krispi, ada perpaduan rasa gurih dan manis pada isinya. Ciri khas lumpia Semarang adalah lebih besar dari lumpia biasa. Isi lumpia biasanya sayuran dan daging ayam.

5. Tumpi

Tumpi atau peyek kacang hijau yang renyah bisa dijadikan camilan saat bersantai dengan keluarga atau dicicipi dalam perjalanan. Ia juga salah satu oleh–oleh khas Semarang yang sering dibeli wisatawan. Harganya murah dan dijual di banyak tempat.

6. Tahu Petis

Selain terdapat tahu baxo, Semarang juga ada tahu petis sebagai kuliner yang sering dijadikan buah tangan oleh masyarakat. adalah tahu yang dimakan atau disipkan bumbu petis.

Bumbu petis terbuat dari udang atau cumi yang diblender dengan cabai rawit, bawang putih, kecap manis lalu ditumis.

7. Wingko Babat

Wingko babat dari kelapa muda campur tepung beras ketan dan gula kemudian dibakar. Kuliner yang terkenal di pantai utara (pantura) Jawa ini sangat cocok dijadikan sebagai teman kopi atau teh. Di Semarang, wingko babat banyak dijual dan jadi salah satu oleh-oleh khas kota ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini