Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini saat Liburan di Bandung

Faradilla Rachman, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 301 2302382 jangan-lupa-cicipi-5-kuliner-lezat-ini-saat-liburan-di-bandung-4o9z8qBWrB.jpg Mie kocok Bandung (Instagram @kulinerbandung)

BANDUNG memang tidak pernah sepi wisatawan terlebih saat akhir pekan. Selain menyuguhkan berbagai macam destinasi wisata menarik dan seru, kota dijuluki Paris Van Java tersebut juga terkenal dengan kuliner lezatnya.

Beragam kuliner dapat Anda temukan di Ibu Kota Jawa Barat, mulai dari yang tradisional hingga modern. Aneka kuliner ini sering jadi santapan wisatawan.

Okezone merangkum 5 kuliner khas Bandung yang rasanya nendang dan bisa ketagihan bagi yang mencoba.

1. Seblak

Seblak merupakan makanan populer khas Bandung. Memiliki rasa pedas juga gurih dengan campuran rempah-rempah dan kerupuk. Awalnya, seblak hanya berisikan kerupuk dan telur saja, kemudian ditumis dengan bawang putih, bawang merah dan kencur.

Baca juga: Malam-Malam Wisata Kuliner di Bandung, Ini 5 Pilihan Menu Khasnya

Adanya inovasi baru dari penjual seblak di Bandung. Olahan tersebut ditambahkan toping-toping lain seperti ceker, sayuran, kwetiau, daging, sosis, makaroni, jamur dan masih banyak lagi membuat seblak makin digemari banyak orang. Rasanya yang lezat, Seblak bisa disajikan secara basah ataupun kering.

ilustrasi

Seblak (Okezone)

“Menurut gue rasanya enak banget, pedes, seger dan yang paling bikin enak itu aroma kencurnya kuat. Pokoknya kalau ke Bandung harus banget cobain sih,” ujar Refiani Yusuf, warga Bandung yang kini tinggal di Jakarta kepada Okezone.

2. Batagor Bandung

Bakso tahu goreng alias batagor dikenal dengan kuliner murah dan mudah ditemukan di pinggir jalan. Makanan khas Bandung ini terbuat dari adonan tepung tapioka yang diletakkan ke dalam kulit pangsit dan bisa ditambahkan ikan tenggiri atau yang lainnya.

Setelah itu, batagor digoreng dan disajikan dengan saus kacang sehingga akan menimbulkan perpaduan rasa gurih dan pedas saat menjajal Batagor khas Bandung tersebut.

ilustrasi

Ilustrasi batagor

Salah satu warung Batagor terkenal adalah Batagor Riri di Jalan Burangrang, Malabar, Lengkong, Kota Bandung. “Batagor Riri masih jadi favorit gue dan juga rasa ikannya berasa banget, udah gitu murah harganya, jadi kalo mau ke Jakarta, gue sering beliin Batagor ini buat teman-teman kos,” ujar Refiani Yusuf.

3. Mie Kocok

Mie kocok cukup populer dan menjadi andalan kuliner Bandung. Disebut mie kocok karena sebelum disajikan, mie harus dikocok terlebih dahulu. Rasa makanan ini hampir mirip dengan mie bakso, tapi kuah mie kocok lebih kental.

Mie kocok terdiri dari mie kuning, toge, kiki kemudian disiram dengan kuah kaldu dari tulang daging sapi dan diberi taburan bawang goreng serta seledri. Rasa daging juga empuk dan pelancong dijamin ketagihan lho Okezoners.

4. Karedok

Karedok merupakan kuliner khas Bandung lezat berbahan sayuran yang sudah dimasak seperti tauge, kol, kacang panjang, kemangi, mentimun dan terong, kemudian disirami saus kacang. Serupa gado-gado, rasa karedok gurih, cocok disantap bersama nasi hangat.

ilustrasi

5. Serabi

Surabi sudah melegenda sebagai kuliner nusantara. Bahannya dasarnya tepung beras. Dimakan dengan kuah gula jawa. Bisa juga dengan cokelat, susu bahkan keju. Serabi sekarang hadir dengan beberapa variasi rasa seperti rasa buah, cokelat, keju, sosis, pisang dan lainnya. Di Bandung, surabi sering juga dijadikan buah tangan bagi wisatawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini