5 Objek Wisata Air di Kuningan, Nomor 4 Ada Mitos Ikan Prajurit Prabu Siliwangi

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 408 2302361 5-objek-wisata-air-di-kuningan-nomor-4-ada-mitos-ikan-prajurit-prabu-siliwangi-wCWJhXvqYI.jpg Situ Cicerem atau Telaga Biru Kuningan (Instagram @girlstraveler)

KABUPATEN Kuningan memiliki panorama alam yang indah dengan bukit-bukit. Ikon wisata daerah ini adalah Gunung Ciremai setinggi 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl), salah satu gunung favorit di Jawa Barat untuk dijadikan tujuan pendakian.

Kuningan juga memiliki sejumlah objek wisata air mulai dari danau hingga air terjun, yang bisa jadi pilihan untuk liburan bareng teman atau keluarga.

Baca juga: Pulau Ketawai, Surga Tersembunyi di Bangka Belitung untuk Pecinta Diving

Okezone merangkum 5 tempat wisata air paling populer dan sering dikunjungi wisatawan di Kuningan sebagai berikut :

1. Situ Cicerem

Situ Cicerem dikenal akan tampilannya yang sangat eksotis. Danau dengan kedalaman sekitar lima meter ini memiliki air yang jernih dan berwarna biru. Karena warna airnya ini, Situ Cicerem lebih populer dengan nama Telaga Biru Cicerem.

Di sini, pengunjung bisa berenang bersama ikan-ikan dengan berbagai ukuran. Bagi Anda yang tidak ingin berenang tersedia laybag dan perahu. Adanya ayunan di atas kolam pun menjadi spot foto favorit pengunjung. Pepohonan rindang terlihat mengelilingi danau yang tidak terlalu besar ini. Perpaduan kesegaran air ditambah sejuknya udara membuat suasana menjadi tambah adem.

Terletak di Desa Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di dekat jalan raya. Dengan membayar Rp5.000 saja, Anda bisa menikmati keindahan tempat keren ini.

2. Objek Wisata Waduk Darma

Waduk Darma adalah ikon Kabupaten Kuningan yang harus dikunjungi. Selain berfungsi sebagai tempat penampungan air, waduk ini juga dimanfaatkan untuk tempat wisata.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Bahari di Tangerang, Pas untuk Liburan Akhir Pekan

Berada di bagian barat Kuningan, tepatnya berlokasi di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kuningan, Jawa Barat. Pemandangan waduk yang dikelilingi bukit dan gunung disuguhkan oleh Waduk Darma.

Objek yang terkenal akan banyak mitos ini semakin banyak didatangi wisatawan karena panoramanya yang indah dan sudah dikembangkan menjadi objek wisata keluarga. Tersedia perahu untuk menyusuri waduk dan disekitarnya pun terdapat area perkemahan, kolam renang anak-anak, cottage dan lainnya.

3. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Objek wisata air selanjutnya adalah kolam pemandian air panas alami yang menjadi tempat favorit untuk merilekskan otot-otot kaku. Selain itu, pengunjung bisa mencicipi hidangan dari ikan air tawar di sini.

Lokasinya di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Cirebon, Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum karena letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau.

4. Objek Wisata Cibulan

Wisata air dingin Cibulan berada di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Di lokasi ini ada mitos mengenai ikan keramat yang kerap disebut sebagai ikan dewa. Menurut cerita legenda berkembang di masyarakat sekitar, ikan dewa dulunya merupakan para prajurit pemerintahan Prabu Siliwangi yang dikutuk menjadi ikan karena membangkang.

Konon, jumlah ikan dewa jumlahnya tidak bertambah atau berkurang sejak dulu sampai sekarang. Oleh karena cerita rakyat ini dan terlepas benar tidaknya, tak ada yang berani mengambil ikan dewa. Masyarakat percaya jika mengganggu ikan ini bisa ditimpa kemalangan. Jadi, pengunjung hanya bisa memberi makan dan berenang bersama ikan dewa.

Ada juga Sumur Tujuh yang konon katanya merupakan petilasan Prabu Siliwangi dan diyakini airnya mempunyai khasiatnya.

Objek Wisata Cibulan memiliki berbagai wahana menarik seperti sepeda air, flying fox dan water park. Wisatawan akan dikenakan tiket seharga Rp18.000 sampai Rp22.000. Tempat wisata ini berada sekitar 10 menit dari pusat kota dan dibuka setiap hari pukul 08.00 - 18.00 WIB.

5. Objek Wisata Curug Sidomba

Curug Sidomba merupakan area rekreasi air dan alam yang terletak di kaki Gunung Ceremai, tepatnya di Desa Peusing, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Seperti namanya di daerah ini banyak terdapat binatang domba.

Air terjun ini tidak segagah air terjun lain, ketinggiannya hanya sekitar 3 meter saja namun menyuguhkan suasana yang teduh. Sebagai objek wisata Curug Sidomba sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti restoran, saung dan tempat bermain anak.

Terdapat Masjid yang mempunyai satu menara tangga dengan jumlah 99 anak tangga. Dari atas menara, Anda dapat melihat keindahan alam sekitar yang dipenuhi pepohonan rindang. Berada di sungai yang tepat mengalir ke daerah ini, airnya cukup jernih dan segar karena bersumber dari mata air Gunung Ceremai. Meski terletak di area hutan akses jalannya bagus dan cukup lebar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini