Pantai-Pantai yang Asyik buat Camping Seru di Yogyakarta

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 408 2302422 pantai-pantai-yang-asyik-buat-camping-seru-di-yogyakarta-InMXomxjuK.jpg Pantai Kesirat di Gunung Kidul, Yogyakarta (Instagram @roh_kyt)

REKREASI bersama teman atau keluarga dengan berkemah (camping) sangat menyenangkan dan seru. Camping biasa dilakukan di alam terbuka seperti hutan, pegunungan bahkan pantai.

Di Yogyakarta, terdapat beberapa pantai yang asyik buat camping, karena bisa sekalian menikmati indahnya sunset, deburan ombak, dan merasakan embusan angin.

Berikut pantai-pantai yang asyik buat camping di Yogyakarta :

1. Pantai Wohkudu

Diapit oleh dua bukit karang yang besar dan pemandangan alam berupa pasir putih dan vegetasi khas tepi pantai, Pantai Wohkudu terlihat sangat indah dan menawan. Walaupun luasnya hanya 20-25 meter, namun pantai ini banyak diminati wisatawan untuk dijadian tempar camping.

Baca juga:  Asyiknya Berwisata di Yogyakarta, Traveler Bisa Pelajari 5 Hal Ini

Pengunjung bisa bercengkrama bersama orang tersayang di depan api unggun selagi melihat pemandangan langit senja menjelang malam. Angin yang sejuk diiring deburan ombak membuat suasananya menjadi lebih romantis.

Lokasinya berada di Kampung Ngalos, Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat Yogyakarta perjalananya 2 jam, disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor, karena ketika masuk perkampungan dekat pantai jalananya tidak terlalu besar. Setelah sampai parkiran, pengunjung harus berjalan 10 menit hingga sampai di Pantai Wohkudu.

 ilustrasi

Pantai Wohkudu (IG @aafifudin)

Harga tiket masuknya berkisar Rp3000 hingga Rp15000 untuk sewa tempat camping dan parkir kendaraan. Fasilitasnya sudah cukup lengap, terdapat toilet dan warung yang menjual makanan.

2. Pantai Kesirat

Hanya berjarak 1 kilometer dari Pantai Wohkudu, Pantai Kesirar memiliki pemandangan sunset yang cukup indah karena tidak terhalang apapun. Tidak seperti Pantai Wohkudu yang bisa membuat tenda diatas pasir putih, di Pantai Kesirat pengunjung membuat tenda diatas tebing yang ditumbuhi rumput dan tumbuhan lain. Ini seperti camping di tepi laut.

Bukan hanya camping, di pantai ini pengunjung juga bisa memancing. Karena Pantai Kesirat salah satu spot memancing yang cukup populer.

 

Lokasinya berada di Kampung Ngalos, Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Wohkudu lalu Pantai Kesirat.

Harga tiket masuknya berkisar Rp3000 hingga Rp15000 untuk sewa tempat camping dan parkir kendaraan. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, terdapat toilet dan warung yang menjual makanan.

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai pasir putih yang dikeliling tebing-tebing besar ini menjadi salah satu spot camping yang paling populer di Yogyakarta. Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu tempat melihat sunset yang terbaik. Yang paling unik dari pantai ini adalah pohon Duras yang sangat sulit tumbuh di daerah pesisir pantai, pohon inilah yang menjadi asal mula nama pantai Pok Tunggal tercipta.

Kemudian di Pantai Pok Tunggal terdapat sungai bawah tanah, airnya tidak asin dan sangat bermanfaat bagi warga dan para pengunjung.

Aktifitas lain selain camping adalah berenang, bermain pasir, panjat tebing, dan banyak spot foto menarik.

Lokasi Pantai Pok tunggal berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebelum Pantai Indrayani ada pertigaan dan ambil jalur kiri, lalu lurus terus hingga Pantai Pok Tunggal.

Fasilitasnya sangat lengkap terdapat musholla, toilet, gazebo, dan warung yang menjual makan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini