Raline Shah Tamasya di Bali, Naik Gunung Abang hingga Ritual Melukat

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 549 2302349 raline-shah-tamasya-di-bali-naik-gunung-abang-hingga-ritual-melukat-Qx13xFMGlN.jpg Raline Shah di Gunung Abang, Bali (Instagram @ralineshah)

RALINE Shah sempat menikmati liburan di Bali. Aktris sekaligus model cantik ini mengunjungi beberapa objek wisata andalan Pulau Dewata dan ikut ritual adat melukat.

Raline Shah berbagi pengalamannya berwisata di Bali ke penggemarnya melalui akun media sosialnya. Finalis Puteri Indonesia 2008 ini jatuh cinta dengan keindahan alam dan keunikan budaya Bali.

Baca juga:  3 Tampilan Gemas Marshanda kala Liburan Keliling Dunia

Berikut aktivitas liburan Raline Shah di Bali seperti dikutip dari akun Instagramnya @ralineshah :

1. Menjelajah Gunung Abang.

Gunung Abang terletak Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Gunung setinggi 2.152 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Bali setelah Gunung Agung dan Batur.

Gunung Abang yang dikunjungi Raline Shah merupakan destinasi pendakian di Bali. Jalur pendakiannya tak terlalu sulit, tapi pemandangan alam sangat indah. Raline Shah sangat menikmati panorama hutan nan hijau dan hamparan laut biru.

"Back with my element!" tulis Raline Shah dalam pengantar fotonya.

2. Menikmati Nusa Penida

 

Menulis caption “unfiltered", Raline Shah berbagi pengalamannya mengunjungi Pantai Kelingking di Nusa Penida Barat. Keindahan pantai ini menyedot banyak wisatawan. Raline terkesima dengan laut biru yang eksotis.

Berfoto di pinggir pantai dengan pemandangan laut dan tebing, Raline tampak bahagia.

3. Raline Shah melukat

 

Raline Shah ikut dalam ritual umat Hindu, melukat di sela liburan di Bali.

Dalam caption instagramnya Raline menuturkan, "Saya sangat beruntung bisa mengikuti "melukat", ritual yang sangat penting bagi umat Hindu Bali. Di pura terpencil di pinggir sungai dengan air terjun yang spektakuler dan mata air suci."

 

Dengan baju khas Bali, Raline menyebutkan malukat bagian dari proses membersihkan pikiran, tubuh, dan jiwa dari ketidakmurniaan dan energi negatif.

"Air yang dipercaya sebagai elemen kesucian, dan "melukat" membersihkan akal fikiran, tubuh, dan jiwa dari ketidakmurnian dan melepaskan energi negatif," tulisnya dalam caption foto.

Terlihat dari dua vidio berdurasi 15 detik, Raline yang ditemani oleh rombongan lain tampak menyusuri sungai yang terdapat batu-batu besar, dan memperlihatkan air terjun yang dijuluki tempat mandi para Dewa.

Baca juga:  Anya Geraldine Berbagi Pengalaman Liburan ke Bali di Masa Pandemi Covid-19

"Kami berjalan melewati pertemuan suci dimana dua sungai bertemu -"cempuhan"- ke air terjun suci yang dijuluki sebagai tempat mandi para Dewa, dan aliran yang kuat membasuh energi negatif, menjernihkan dan memfokusnya indra kami," tulisnya.

"Berada di oasis kedamaian, ketenangan, dan keseimbangan spiritual yang tulus ini adalah cara yang indah untuk mengakhiri hari-hari saya di Bali."

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini