Mencegah Covid-19 saat Traveling, Apa yang Mesti Dilakukan?

Senin 02 November 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 406 2302813 mencegah-covid-19-saat-traveling-apa-yang-mesti-dilakukan-CDdvvRLk8g.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BANYAK persiapan penting yang mesti diperhatikan sebelum pergi liburan. Di masa pandemi, walaupun sedang traveling Anda harus tetap memerhatikan protokol kesehatan demi mencegah Covid-19.

Terutama bagi Anda yang traveling ke luar kota menggunakan moda transportasi umum. Misalnya, melakukan tes rapid terlebih dulu, membawa masker ekstra, hand sanitizer, tisu basah, hingga peralatan makan sendiri. Semua dilakukan demi mencegah Covid-19.

Tak sampai di situ, sepulang dari liburan, Anda juga harus melakukan sejumlah upaya untuk mencegah Covid-19 di lingkungan sekitar.

Pasalnya, meskipun Anda merasa sehat dan disiplin, Anda masih mungkin terpapar virus selama perjalanan. Baik itu di tempat destinasi, transportasi umum, atau tempat-tempat publik seperti bandara, stasiun, terminal, bahkan hotel tempat Anda menginap.

Lalu, apa yang mesti Anda lakukan? Berikut daftarnya, seperti dilansir dari CDC, Minggu (1/11/2020).

Baca Juga: Keren, Restoran di Bandung Ini Berbentuk Kastil Abad Pertengahan

Menjaga jarak

jaga jarak

Mengutip iNews.id, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga jarak setidaknya 6 kaki atau 2 meter dari orang lain. Lakukan ini di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Selalu mengenakan masker

 traveling

Berikutnya yang harus dan penting dilakukan adalah mengenakan masker yang menutupi mulut serta hidung Anda.

 

Sering mencuci tangan

 cuci

Sering mencuci tangan atau gunakan pembersih tangan dengan setidaknya 60 persen alkohol.

Tetap tinggal di rumah

Selain tiga upaya pencegahan tadi, hal terbaik yang seharusnya Anda lakukan adalah tetap tinggal di rumah atau karantina mandiri selama 14 hari. Selain itu, perhatikan kondisi kesehatan Anda setiap hari. Jika sakit, sebaiknya tidak ke luar rumah dan hubungi petugas medis terdekat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini