Kanada Belum Izinkan Kapal Cruise Mampir

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 02 November 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 406 2302881 kanada-belum-izinkan-kapal-cruise-mampir-DNPRx1Z9xX.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KANADA memperketat izin pelayaran hingga tahun 2021 mendatang. Akibatnya, wisata kapal cruise hingga yacht tidak diperkenankan berlayar memasuki kawasan perairan negara tersebut.

Dilansir dari Foxnews, Senin (2/11/2020), pada Kamis 29 Oktober lalu, Menteri Perhubungan Kanada Marc Garneau menyatakan bahwa lebih dari 100 orang yang telah memasuki wilayah mereka, tidak diperkenankan untuk berlayar dengan kapal cruise kembali hingga 1 Maret 2021.

Baca Juga: Viral Foto Anaconda Raksasa Melintang di Jalanan Brazil

kapal

Pengetatan izin pelayaran ini sebetulnya telah dilakukan Kanada pada 19 Maret lalu, ketika pandemi virus corona melanda seluruh dunia. Kemudian pada 31 Mei 2020, Kanada memperpanjang kebijakan pelarangan masuknya kapal cruise hingga 31 Oktober.

Tak hanya kapal cruise, berdasar pernyataan Garneau, Kanada juga memperpanjangan larangan kapal penumpang yang berkapasitas lebih dari 100 orang. Perlu diketahui bahwa Kanada menjadi salah satu lokasi pemberhentian bagi wisatawan yang hendak melakukan pelayaran ke Kutub Utara.

 

Kapal penumpang jenis feri dan water taxi tetap diperkenankan beroperasi, namun dengan sejumlah aturan baru dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Kami berusaha untuk berkontribusi menekan penyebaran Covid-19. Pemerintah Kanada juga terus bekerja keras untuk memastikan sistem transportasi tetap aman," kata Garneau dalam keterangan tertulis.

"Perpanjangan kebijakan ini merupakan realisasi upaya kami untuk memastikan industri transportasi tetap aman dan terkendali," imbuhnya.

Sementara itu, Amerika Serikat justru membuka kembali izin pelayaran setelah mendapat rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Jumat lalu, CDC merilis kerangka kerja terkait skema pengaturan kapal cruise dan kapal penumpang untuk berlayar ke Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini