Tempat Wisata Alam di Sumatra Barat, Pesonanya Memikat Traveler

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Senin 02 November 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 408 2302701 tempat-wisata-alam-di-sumatra-barat-pesonanya-memikat-traveler-oAxOpMETlq.jpg Danau Singkarak. (Foto: Indonesia Travel)

BERAGAM tempat wisata di Sumatra Barat sangat lengkap. Ada suguhan wisata alam dengan berjuta pesona keindahannya.

Sumatra Barat memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang bisa digali. Saat memilih traveling ke sana, traveler bisa berkunjung ke wisata bukit, danau, hingga air terjun.

Dilansir Okezone dari Twitter @Widino, berikut adalah empat referensi destinasi wisata alam yang wajib Okezoners kunjungi saat berada di Provinsi Sumatra Barat, ditulis Senin (2/11/2020)

 

Puncak Lawang

Puncak Lawang merupakan destinasi wisata yang cukup populer di Sumatra Barat. Objek wisata alam ini terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan hanya berjarak 21 kilometer dari pusat Kota Bukittinggi. Puncak Lawang sendiri merupakan sebuah dataran tinggi dan perbukitan yang sangat indah dengan panorama alamnya yang menggoda. Berada pada ketinggian 1.210 mdpl, Okezoners bisa menikmati pemandangan Danau Maninjau secara keseluruhan dengan pesona air danau yang sangat jernih dan bening.

Puncak Lawang bisa dikatakan sebagai tempat terbaik untuk menikmati panorama Danau Maninjau dari Ketinggian dengan beragam aktivitas dan kegiatan yang dapat memacu adrenalin Okezoners. Di Puncak Lawang, Okezoners dapat menjajal paralayang atau paragliding sambil menikmati keindahan Danau Maninjau. Lokasi Puncak Lawang ini juga sering diadakan kejuaraan paralayang tingkat dunia karena Puncak Lawang termasuk lokasi dan tempat terbaik untuk paralayang di Asia Tenggara.

Lembah Harau

 harau

Lembah Harau merupakan sebuah lembah yang berada dekat dengan Kota Payakumbuh dan terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat. Lembah tersebut merupakan sebuah hamparan tanah luas yang diapit oleh tebing tinggi dan terjal dengan ketinggian sekitar 150 meter. Objek wisata alam satu ini berupa lembah subur yang dilingkupi batu pasir terjal berwarna-warni setinggi 100 hingga 500 meter dari atas permukaan tanah.

Baca Juga: Menikmati Panorama Pantai Malalayang Sambil Kulineran Jajanan Khas Manado

Keindahan dan pesona Lembah Harau dapat membuat siapapun terkesima saat melihatnya dengan udara segar, bersih dan keindahan alam sekitarnya. Lembah Harau memiliki luas 270,5 hektare atau sekitar 2.705 kilometer persegi. Kawasan lembah ini juga merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang ditetapkan sejak 10 Januari 1993.

 

Ngarai Sianok

 ngarai

Ngarai Sianok merupakan salah satu objek wisata andalan Provinsi Sumatra Barat dengan menawarkan pemandangan alamnya yang sangat indah. Objek wisata tersebut merupakan sebuah lembah curam yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi dan hanya berjarak sekitar 500 meter dari jam gadang. Ngarai Sianok memiliki jurang dengan kedalaman 100 meter, lebar 200 meter dan panjang 15 kilometer dengan latar belakang pemandangan panorama Gunung Singgalang yang menjulang.

Ngarai Sianok memiliki sebutan lain yaitu lembah pendiam, karena suasananya yang tenang dan damai. Didukung dengan udaranya yang bersih dan sejuk yang diiringi latar suara kicauan burung dan gemericik air sungai, ngarai ini cocok sebagai destinasi wisata dan lokasi yang tepat untuk melepaskan beban pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Jika Okezoners hanya singgah sejenak di kota Bukittinggi dan tidak memiliki banyak waktu, tidak perlu khawatir. kalian masih dapat menikmati keindahan panorama Ngarai Sianok yang menghijau dari kejauhan di sebuah tempat bernama Taman Panorama. Di lokasi tersebut. Okezoners dapat bersantai sambil mengagumi dan mengabadikan keindahan pemandangan ngarai sianok ini.

Danau Singkarak

Objek wisata satu ini merupakan destinasi wisata yang terkenal di Sumatra Barat. Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di dataran Sumatra setelah Danau Toba dengan luas sekitar 1.000 hektar atau 107,8 kilometer persegi serta memiliki kedalaman hingga 268 meter. Danau ini terletak dan membentang di dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Danau ini termasuk dalam jenis danau tektonik karena diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi di bawah tanah. Danau Singkarak memiliki air yang jernih dengan suasana yang sejuk dan angin semilir yang berhembus serta ditambah banyaknya pepohonan menjadikan pemandangan hijau di sekitar danau.

Ada banyak kegiatan yang bisa Okezoners lakukan di Danau Singkarak ini antara lain, berenang di danau yang airnya jernih, naik sampan berkeliling danau, memancing di tepi danau, hingga ikut nelayan atau masyarakat sekitar menangkap ikan.

Sekedar informasi nih Okezoners, keindahan Danau Singkarak pertama kali dikenal luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi milik Ernst Haeckel, seorang peneliti asal Jerman. Tidak hanya meneliti ekosistem yang ada di Danau Singkarak, Haeckel juga terkagum-kagum dengan keindahan Danau Singkarak ini, bahkan ia membuat dan merangkum keindahan danau tersebut dalam sebuah lukisan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini