Liburan ke Thailand, Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner Seafood Lezat Ini

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 301 2303286 liburan-ke-thailand-jangan-lupa-cicipi-7-kuliner-seafood-lezat-ini-JEgQAfAtuj.jpg Yum Talay (thaifoodrecipemenu.blogspot.com)

SELAIN kaya akan objek wisata bahari, Thailand juga memiliki beragam jenis sajian makanan laut (seafood) yang lezat dan menjadi favorit wisatawan. Kuliner seafood Thailand rata-rata dimasak dengan rempah-rempah, sayuran, dan saus pedas.

Thailand memiliki 25 sungai dan sebagian besar negara memiliki akses ke Teluk Thailand atau Laut Andaman, artinya terdapat banyak seafood segar di seluruh negeri. Bahkan di bagian luar provinsi Kanchanaburi, yang terpencil dan tertutup hutan, orang masih memiliki akses makanan laut segar berkat negara tetangganya, Myanmar.

Baca juga: 5 Street Food Khas Jakarta, Sudah Pernah Coba?

Saat mengunjungi Thailand, akan sangat memalukan jika Anda hanya memilih hidangan paling umum seperti pad Thai dan nasi goreng. Sebaliknya, rasakan dapur Thailand sepenuhnya dengan mencoba setidaknya satu dari hidangan makanan laut Thailand.

Berikut 7 kuliner seafood terpopuler di Thailand seperti dikutip dari Top Travel Foods :

1. Grilled Prawns–Goong Pao

Gong Pao (grilled prawns) membuat wisatawan tertarik terutama jika berkunjung ke Ayutthaya. Di sini, wisatawan akan menemukan peternakan udang jumbo yang memiliki rasa lezat. Cara penyajiannya pun sederhana, udang raksasa akan dipotong menjadi setengah dan dipanggang di atas arang.

ilustrasi

Rasa terbaiknya terletak pada otak udang yang memiliki rasa umami atau savory. Seperti kuliner laut pada umumnya, grilled prawns disajikan bersama saus seafood khas Thailand yang memiliki rasa sedikit pedas.

2. Stir Fried Yellow Crab Curry – Phoo Pad Phong Karee

Hidangan ini tidak memiliki rasa pedas namun kaya rasa dengan telur yang disajikan bersama kepiting yang dihancurkan. Phoo Pad Phong Karee sering menjadi hidangan mahal yang dapat ditemui di menu.

Harga biasanya diberikan berdasarkan berat kepiting yang menyebabkan kebingungan saat menerima tagihan. Pengunjung dapat menemukan makanan ini hampir di seluruh restoran seafood yang tersedia di Thailand.

3. Yum Seafood –Yum Talay

Salad Thailand biasanya memiliki rasa asam dan selalu pedas yang biasa disebut Yum. Hidangann luar biasa Yum Talay ini diisi dengan beragam jenis seafood yang kecil seperti potongan cumi–cumi, kerang, udang, dan kadang potongan ikan putih.

Baca juga: Thailand Surganya Kuliner Pedas, Ini 6 Pilihannya

Irisan tomat dan seledri dijadikan pendamping serta biasanya Yum Talay disajikan dengan hangat. Kebanyakan restoran seafood Thailand akan menyajikan hidangan ini.

4. Fried Clams with Chili Paste – Hoy Lai Pad Nam Prik Pao

Makanan ini dibuat dari kerang yang seluruhnya dilapisi pasta cabai manis dengan kemangi Thailand. Secara umum, pasta cabai rasanya tidaklah pedas. Pengunjung dapat dengan mudah mengeruk daging di dalam kerang menggunakan garpu karena kerang tersebut berukuran kecil.

5. Khao Tom Hoy Nangrom

Kuliner yang berbahan dasar oyster atau tiram ini memiliki rasa lezat dan disajikan dengan sup nasi berbau bawang putih beserta kecap. Salah satu bahan utama dalam penambahan sop nasinya adalah potongan ikan putih dan ada juga versi lain dengan tiram segar bernama Khao Tom Hoy Nangrom.

Pengunjung yang akan mencicipi hidangan ini akan sedikit tertantang dalam mencari restorannya. Anda dapat menemukannya di Siang Ki Khao Tom Pla yang berada di Chinatown Bangkok, Ibu Kota dari Thailand.

6. Steamed Snapper with Lime and Garlic–Pla Kapong Neung Manao

Sebagai komposisi utama, ikan kakap diukir terlebih dahulu kemudian dimandikan dengan sup berbahan dasar jeruk nipis yang penuh bumbu seperti bawang putih, cabai, ketumbar, dan seledri.

Karena ikan dikukus, dagingnya akan terasa empuk dan mudah untuk dikeruk dari piring tanpa ada kulitnya. Sop akan terasa lebih nikmat ketika hidangan seafood disajikan masih hangat. Pengunjung dapat menemukan Pla Kapong Neung Manao di setiap restoran seafood di Thailand.

7. Fried Sea Bass with Oyster Sauce

Sajian ikan bass ini diiris biasa atau menjadi dua kemudian digoreng dan disajikan dengan saus tiram, kecap ikan atau dibalut dengan bumbu Thailand. Sangat direkomendasikan potongan fillet ikan bas laut karena memiliki tekstur yang renyah dan tidak memiliki tulang pada ikannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini