Kunjungan Wisatawan Turun Drastis, Ini Kata Disparbud Bandung Barat

Adi Haryanto, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 406 2303462 kunjungan-wisatawan-turun-drastis-ini-kata-disparbud-bandung-barat-kM6V6DRQUK.JPG Destinasi wisata di Bandung Barat (Foto: Sindonews/Adi Haryanto)

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku pesimistis angka kunjungan wisatawan tahun ini bisa melampaui angka tahun lalu.

Meski ada libur panjang cuti bersama di akhir pekan beberapa waktu lalu, namun dikarenakan masih pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari 10 bulan, membuat masyarakat masih menahan diri untuk berwisata.

"Berat kalau melihat angka kunjungan wisatawan sampai sekarang (November). Sebabnya adalah pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi melemah dan untuk wisata juga khawatir," terang Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, KBB, Sri Dustirawati, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Tiket Pesawat ke Destinasi Antah Berantah Ludes dalam 10 Menit!

Sri menyebutkan, total kunjungan wisatawan tahun lalu ke KBB angkanya mencapai 6,4 juta orang. Namun sampai akhir Oktober tahun ini wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata di KBB baru 1,3 juta jiwa.

Menurutnya, meski tahun ini masih tersisa dua bulan namun sulit untuk mendongkrak kunjungan wisatawan menyamai tahun lalu.

Kendati ada libur panjang pada pekan lalu dan agenda libur akhir tahun, tidak akan berpengaruh banyak.

Kondisi seperti itu bukan hanya terjadi di KBB, tapi di daerah lain juga merasakan hal yang sama. Ini dikarenakan wabah Covid-19 yang melanda dunia.

Di mana sektor wisata menjadi salah satu yang merasakan imbas paling parah, hingga ada pengelola wisata yang terpaksa merumahkan pegawai.

"Selagi masih pandemi Covid-19 tetap sulit. Kemarin saja saat libur panjang di akhir pekan, saya cek kedatangan wisatawan ke beberapa objek wisata di Lembang masih di bawah 50 persen," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini