Perkecil Kemungkinan Penularan Covid-19, Pesawat Punya Sirkulasi Juga Loh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 406 2303562 perkecil-kemungkinan-penularan-covid-19-pesawat-punya-sirkulasi-juga-loh-eOQP5jZFuB.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KEBANYAKAN wisatawan masih ragu melakukan perjalanan dengan pesawat. Karena potensi penularan Covid-19 dinilai lebih rentan.

Tak sedikit masyarakat dilema dan bertanya-tanya apakah traveling naik pesawat dinilai aman Pertanyaan inilah yang masih menghantui banyak wisatawan hingga akhirnya rela menunda rencana perjalanan mereka, hingga kondisi kembali seperti sedia kala.

Lantas apakah benar traveling menggunakan pesawat lebih berisiko terpapar virus corona?

Baca Juga: Tiket Pesawat ke Destinasi Antah Berantah Ludes dalam 10 Menit!

pesawat

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Okezone dari Wings Air, Selasa (3/11/2020), sejumlah maskapai mengklaim telah menerapkan sirkulasi udara yang baik. Itu artinya, kualitas udara segara terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih.

"Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation)," tulis pernyataan resmi mereka.

Tak hanya itu, berdasarkan perhitungan Wings Air, volume udara di dalam pesawat mereka dilaporkan menyentuh angka 95 meter kubik, dan akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

Selain itu, pada pesawat ATR, naik dan turun akan dilakukan dari pintu bagian belakang. Hal ini dinilai akan meminimalsir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

"Dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat)," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini