Sensasi Memanjat Air Terjun dengan Tangan Kosong di Thailand

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 408 2303485 sensasi-memanjat-air-terjun-dengan-tangan-kosong-di-thailand-YX37MDWEDT.jpg Sensasi memanjat air terjun di Chiang Mai. (Foto: Instagram/@takemetour_thailand)

AIR terjun pada umumnya terkenal licin dan membutuhkan peralatan khusus untuk bisa mendakinya. Tapi Air Terjun Bua Thong di Provinsi Chiang Mai, Thailand menawarkan sensasi yang berbeda.

Pengunjung dapat mendaki air terjun hanya dengan menggunakan tangan dan kaki telanjang. Objek wisata ini mendapat julukan Air Terjun Lengket karena terdiri dari bebatuan kapur yang sangat mencengkeram yang dilewati air.

Mereka terasa seperti spons yang sangat keras saat disentuh. Wisatawan dapat dengan mudah memanjat air terjun, tanpa menggunakan alas kaki dan tidak melukai diri sendiri.

Baca Juga: Tiket Pesawat ke Destinasi Antah Berantah Ludes dalam 10 Menit!

air terjun

(Foto: Instagram travelwithpd)

Karena air terjun ini tidak memiliki ganggang atau lendir yang menempel pada permukaan batuan, maka batu kapur menciptakan gesekan yang cukup untuk mencegah tergelincir. Kondisi ini memungkinkan siapa pun untuk memanjatnya.

Namun perlu diingat, pengunjung yang ingin mendaki air terjun ini harus dalam kondisi fisik yang sehat dan bugar. Air yang berwarna putih seperti susu yang jatuh di atas bebatuan berwarna krem menyerupai gelembung dialiri oleh mata air kaya kalsium dari bagian atas.

Kalsium inilah yang sebenarnya membuat air terjun berubah menjadi lengket. Bentuk dinding kapur yang membulat memberikan kesan bahwa Air Terjun Bua Thong merupakan perosotan air alami yang sangat bagus.

 

Namun di tempat ini Anda tidak bisa meluncur dari atas air terjun menuju ke bawah. Anda hanya bisa untuk memanjatnya. Sebagian besar pengunjung berjalan ke dasar Bua Thong, sambil melepas alas kaki, dan memanjat dinding batu kapur.

Dilansir Okezone dari Oddity Central, Selasa (3/11/2020), ada lima tingkat pengalaman yang berbeda dan tangga di sisi air terjun ini. Tangga tersebut akan membantu orang mengatasi bagian tersulit saat mendaki. Ada juga tali untuk membantu pengunjung melewati dinding paling curam.

Tapi beberapa pengunjung yang berani, terkadang mencoba mendaki hanya dengan tangan dan kaki. Meski Air Terjun Lengket Bua Thong memiliki keunikan, tapi ini bukanlah objek wisata paling populer di wilayah tersebut.

Jadi selain beberapa penduduk setempat, Anda mungkin tidak akan menemukan kerumunan wisatawan yang terlalu ramai saat berkunjung ke tempat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini