7 Oleh-Oleh Makanan Khas Bogor, Dijamin Dietmu Bisa Ambyar!

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 301 2303893 7-oleh-oleh-makanan-khas-bogor-dijamin-dietmu-bisa-ambyar-WZInxwYbce.jpg Apple Pie. (Foto: Instagram/@pia_applepie)

SELAIN dianugerahi alam yang indah, Kota Bogor mempunyai segudang kuliner lezat. Bahkan Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh.

Ya, Okezoners tak perlu bingung mencari tempatnya. Karena sudah banyak toko atau pusat oleh-oleh yang bisa ditemukan dengan mudah dan tersebar di Bogor.

Dirangkum Okezone, Rabu (4/11/2020), berikut ini 7 oleh-oleh makanan khas Bogor yang terkenal dan wajib dibeli. Yuk simak!

Roti Unyil Venus

 roti

Bagi Anda yang sudah sering mengunjungi Kota Bogor, mungkin tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Roti Unyil Venus menjadi oleh-oleh khas Bogor yang cukup populer. Dinamakan roti unyil, karena bentuk dan ukurannya yang kecil dan dapat dinikmati hanya dengan sekali lahap.

"Mimin jamin dietmu bakal langsung ambyar liat ini hihihi," tulis keterangan di laman Instagram @rotiunyilvenusofficial.

Lokasi oleh-oleh Roti Unyil Venus ini terletak di Ruko V Point, Jl. Raya Pajajaran No.1, Sukasari, Bogor. Roti ini menyediakan berbagam varian rasa seperti rasa pisang coklat, talas, pisang keju, sosis dan masih banyak lagi. Buka mulai dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

Baca Juga: Berwisata Sambil Gowes ke Kebun Raya Bogor ala Dian Sastro

Bolu Lapis Sangkuriang

Talas merupakan makanan yang banyak dan bisa ditemukan di Bogor. Namun, apa jadinya jika talas tersebut dijadikan bahan utama dalam pembuatan bolu. Bolu Lapis Sangkuriang merupakan jajanan dan oleh-oleh khas dari Bogor yang bahan utamanya menggunakan talas.

Berdiri sejak 2011, Lapis Bogor Sangkuriang merupakan pencetus pertama lapis yang menggunakan bahan dasar talas. Kelezatan dan kelembutan lapis sangkuriang telah terkenal dan menjadi pilihan favorit oleh-oleh khas Bogor.

Bolu ini tersedia dalam berbagam varian rasa dan toping yang beragam. Kamu bisa memilih mulai dari topping keju, choco chip sampai rainbow chip.

Dengan dominasi warna kuning dan ungu, Talas Bogor Sangkuriang ini bisa ditemukan dan tersebar di beberapa toko. Salah satunya di toko yang terletak di Jalan Padjajaran Nomor 20 i, Komplek Ruko Perkantoran Bantar Kemang, Kota Bogor. Buka dari pukul 06.00 sampai 22.00 WIB.

 

Macaroni Panggang Bogor

 mac

Kuliner Bogor memang sudah dikenal unik dengan rasa yang enak. Namun ada satu kuliner khas bogor yang tidak boleh Okezoners lewatkan yaitu Macaroni Panggang Bogor.

Serupa dengan macaroni schotel, namun tekstur macaroni panggang ini lebih garing diluar serta lembut didalam. Disajikan di atas aluminium foil, macaroni panggang dibuat dengan paduan macaroni, keju, susu, daging dan aneka bumbu spesial lainnya yang akan membuat siapa saja merasa ngiler.

"Macaroni Panggang terbuat dari pasta macaroni elbow dengan campuran daging ayam asap, cream susu yang didalamnya terkandung empat jenis keju, mozzarella, cheddar, parmesan dan edamer," tulis keterangan foto laman Instagram @macaronipanggangbogor.

Oleh-oleh macaroni panggang ini menawarkan dua pilihan yaitu biasa dan spesial. Perbedaannya terletak pada tambahan jamur shitake dan smoke beef untuk macaroni panggang spesial.

Macaroni Panggang Bogor tersedia dalam tiga ukuran, yaitu small, medium, dan large. Untuk dijadikan oleh-oleh sebaiknya kamu memilih ukuran medium atau large. Untuk harga berkisar antara Rp25.000 hingga Rp195.000 per porsi tergantung ukuran.

Lokasi Macaroni Panggang Bogor terletak di Jalan Salak Nomor 24, Bogor. Buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Pia Apple Pie

Makanan satu ini cukup populer bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya. Tempat ini merupakan restoran dengan bentuk rumah bergaya klasik. Berlokasi di Jalan Pangrango Nomor 10, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Seperti namanya, menu andalan dan favorit di sini yaitu pie apple yang menyerupai hati dengan ukuran cukup besar. Cocok dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh.

Mempunyai tekstur garing dan renyah dan tebal di luar dipadukan dengan selai apel lembut akan memanjakan lidah. Selain itu tersedia juga pie dengan isian lain seperti stroberi, blueberry serta keju. Untuk ukuran, Anda bisa pilih mulai dari ukuran kecil, medium hingga besar.

Kacang Bogor Istana

Camilan khas Bogor ini cocok dijadikan oleh-oleh Okezoners saat berkunjung ke kota hujan. Kacang Bogor ini ternyata berbeda dengan kacang tanah, kedelai atau kacang apapun.

Kacang Bogor Istana merupakan olahan kacang yang garing, renyah dan tahan lama.Kacang goreng ini tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari original, balado, berbeque hingga keju.

Outlet resmi dari Kacang Bogor Istana ini terletak di Jalan Babakan Raya, Nomor 37, Dramaga, Bogor. Dengan harga berkisar Rp17.500 Okezoners sudah bisa mebawa oleh-oleh kacang khas Bogor ini.

Keripik Mbah Gugel

Buat Okezoners penyuka makanan dan camilan pedas wajib coba kudapan yang satu ini. Keripik Mbah Gugel merupakan keripik berbahan dasar singkong yang tersedia dalam level kepedasan yang berbeda.

Selain keripik singkong yang menjadi andalan, Keripik Mbah Gugel juga menyediakan camilan basreng atau baso goreng. Keripik mbah gugel ini bisa dipesan online dan merupakan hasil kreasi anak muda di Bogor.

Miss Pumpkin

Tempat ini menjajakan oleh-oleh khas Bogor berupa brownies dan bolu yang berbahan dasar labu. Usaha ini merupakan bentuk kreatifitas warga Bogor. Di tangan yang tepat, labu bisa diubah dan diolah menjadi kue yang enak dan lezat.

Miss Pumpkin menyediakan brownies dan bolu dengan varian rasa seperti original, jeruk, cokelat dan green tea. Terletak di Jalan Pajajaran Ruko, Nomor 84 H, toko ini selalu ramai pembeli hingga rela mengantri untu bisa mendapat kue khas bogor ini.

Untuk per kotak bolu atau brownies miss pumpkin dijual dengan harga Rp30 ribu-Rp35 ribu. Cake labu kuning ala Miss Pumpkin bisa menjadi alternatif bagi Okezoners yang ingin membawa oleh-oleh khas Bogor dengan harga yang terjangkau.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini