5 Destinasi Wisata Kota Tua di Indonesia, Mana Favoritmu?

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 408 2303955 5-destinasi-wisata-kota-tua-di-indonesia-mana-faroritmu-POvCKTu4vg.jpg Kota Lama Semarang (Kementerian PUPR)

SEBAGAI bekas wilayah jajahan Belanda, Indonesia memiliki sejumlah kawasan kota tua dengan bangunan-bangunan peninggalan peninggalan kolonial. Kawasan itu kini jadi objek wisata sejarah.

Bangunan-bangunan tua dan kuno menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bukan hanya karena arsitekturnya yang unik, tapi bangunan itu menyimpan cerita dan sejarah tersendiri yang menarik dipelajari.

Indonesia memiliki banyak sekali lokasi dengan nuansa oldies, vintage dan retro yang memberikan atmosfer tidak biasa.

Baca juga: 5 Spot Instagramable di Kota Tua Jakarta, Pas buat Hunting Foto

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Rabu (4/11/2020), berikut lima kawasan kota tua di Indonesia yang sering jadi sasaran wisatawan.

Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua Jakarta jadi salah satu destinasi wisata favorit warga Ibu Kota dan sekitarnya saat akhir pekan atau hari libur. Di sini Okezoners bisa melihat deretan bangunan atau gedung-gedung kuno peninggalan sejarah Batavia yang menjadi ikon tersendiri di kawasan tersebut. Mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, hingga Jembatan Kota Intan.

ilustrasi

Kota Tua Jakarta (Okezone.com/Fahreza)

Kota Tua Jakarta menjadi tujuan wisatawan untuk mengenal lebih dalam sejarah Jakarta di masa lampau. Kawasan tersebut juga menawarkan spot-spot foto yang instagramable dengan nuansa retro dan juga oldies.

Kota Tua begitu hidup di malam hari. Banyak pedagang asongan berjualan di sekitar ini. Belum lagi bermacam permainan juga ditampilkan oleh seniman-seniman jalanan.

Kota Tua Yogyakarta

Di Yogyakarta Anda bisa menemukan banyak bangunan dengan nuansa vintage perpaduan konsep Jawa tempo dulu dan gaya Eropa. Berada di pusat Kota Yogya, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman hingga Titik Nol Kilometer, di kawasan tersebut anda bisa melihat dan menemukan banyak bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: Deretan Wisata Gua di Yogyakarta Asyik buat Caving dan Rafting

Bangunan dengan nuansa vintage dan oldies tersebut di antaranya ada gedung Bank Indonesia, Kantor Pos Indonesia, Bank BNI dan bahkan Gedung Agung. Bangunan-bangunan sangat eksotis dan instagramable.

Sementara di kawasan Kota Gede Yogya, Anda akan menemukan bangunan dengan gaya vintage yang tetap terjaga keasliannya hingga sekarang. Kawasan Kota Gede dikenal dengan banyaknya bangunan rumah penduduk yang masih mempertahankan gaya tradisional Jawa kuno.

Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama Semarang terletak tidak jauh dari simpang lima yang menjadi ikon Ibu Kota Jawa Tengah tersebut. Banyak gedung tua antik yang membuat kita terpukau dan berdecak kagum saat berkunjung ke sini.

ilustrasi

Kota Lama Semarang (Okezone.com/Taufik Budi)

Salah satu bangunan yang menjadi landmark kawasan Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk, bangunan gereja dengan kubah bundar seperti masjid dan gaya bangunan menyerupai Lawang Sewu.

Banyak juga bangunan dengan nuansa klasik dan vintage yang tersebar di berbagai lokasi di Kawasan Kota Lama. Bangunan-bangunan tersebut masih berdiri kokoh dengan dominasi berwarna putih yang masih terjaga hingga sekarang.

Cafe bernuansa vintage dan juga pusat oleh-oleh dapat anda temui dengan mudah di kawasan tersebut.

Kota Tua Bandung

Kota Bandung juga gak ketinggalan memiliki kawasan kota tua yang menarik untuk dikunjungi. Untuk anda yang ingin menikmati kawasan kota tua Bandung, datanglah ke lokasi di Jalan Asia Afrika dan kawasan Braga.

Di sana anda akan menemukan banyak bangunan dengan nuansa vintage dan retro yang bisa dijadikan spot foto yang instagramable. Bangunan di kawasan Jalan Asia Afrika dan Braga Bandung ini memiliki gedung dengan gaya art deco khas Eropa yang kokoh dan masih terjaga.

Di sana anda juga akan menemukan banyak cafe, toko hingga pusat perbelanjaan. Tak ketinggalan juga di kawasan tersebut ada berbagai tempat kulineran yang enak untuk mengisi perut anda setelah lelah berkeliling mengeksplor kawasan kota tua Bandung tersebut.

ilustrasi

Kota Tua Surabaya

Dijuluki sebagai Kota Pahlawan, tentu Surabaya memiliki bangunan tua peninggalan penjajahan Belanda yang masih eksis hingga sekarang. Ada banyak bangunan lawas yang terlihat sudah lusuh namun makin aesthetic untuk dijadikan lokasi hunting yang instagramable.

Kawasan Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah Surabaya merupakan sebagian kawasan dengan bangunan gaya retro, jadul dan vintage yang begitu terasa nuansa kota tuanya di Surabaya.

Di lokasi yang sama juga banyak terdapat bangunan dan rumah penduduk yang masih mencirikan bangunan lama yang kokoh dengan interior jadul.

Di Jalan Veteran Surabaya juga merupakan kawasan dan tempat wisata yang dipenuhi dengan bangunan bernilai sejarah yang masih terawat dengan baik hingga kini. Pemerintah Kota Surabaya sendiri melindungi bangunan-bangunan tersebut untuk dijadikan cagar budaya lho Okezoners. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini