Keliling Jawa Tengah Bermodal Rp15 Ribu, Begini Caranya

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 408 2303961 keliling-jawa-tengah-bermodal-rp15-ribu-begini-caranya-zbL9WpNGp9.jpg Spot foto hits di TMII Jawa Tengah. (Foto: Instagram/@grandmaerakaca)

SATU lagi destinasi yang perlu traveler datangi ketika berlibur di Kota Semarang. Grand Maerakaca tempatnya, mengusung wisata edukasi yang menarik dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan singkat.

Wisata Grand Maerakaca ini bahkan kerap disebut sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah. Berlokasi di komplek New PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jateng, tak jauh dari Bandara Internasional Ahmad Yani, tepatnya di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang, Jawa Tengah.

Didirikan di atas lahan seluas 23 hektar, Grand Maerakaca menghadirkan konsep yang serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Namun tidak seperti TMII yang mengusung kebudayaan dari seluruh Indonesia, wisata ini lebih difokuskan terhadap rangkuman kebudayaan Jawa Tengah.

Di dalamnya terdapat semua rumah adat atau anjungan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Tak hanya dari segi bangunan saja, tapi juga hasil industri dan kerajinan yang diproduksi oleh daerah tersebut, pakaian tradisional, kuliner khas, bahkan beberapa informasi objek wisata sekitarnya.

Terdapat juga beberapa miniatur peninggalan bersejarah yang berlokasi di Jawa Tengah dari Masjid Menara Kudus hingga Candi Borobudur. Taman dengan berbagai tanaman, burung dan patung jerami pun turut menghiasi Maerakaca.

Baca Juga: Deretan Wisata Gua di Yogyakarta Asyik buat Caving dan Rafting

Selain menampilkan rumah-rumah adat Jawa Tengah, objek wisata ini juga dilengkapi dengan sarana rekreasi lainnya. Ada kolam pancing, kereta, bianglala, flying fox, perahu, sepeda air dan wahana bebek air.

 grand

Banyak fasilitas yang disediakan pengelola, mulai dari tempat istirahat, musala, toilet umum, warung makan hingga parkiran yang luas. Anda juga bisa menjadikan ini lokasi untuk menggelar beberapa acara setelah melakukan perizinan dengan pengelola.

Baca Juga: Berwisata Sambil Gowes ke Kebun Raya Bogor ala Dian Sastro

Spot paling terkenal adalah trekking hutan mangrove. Anda bisa menyusuri tepian hutan mangrove sambil menikmati pemandangan hijau dan mengelilingi tambak bandeng.

Tambak bandeng tersebut merupakan miniatur Laut Jawa. Tempat yang satu ini jadi hits untuk hunting foto Instagramable.

Sebagai objek wisata edukasi dan budaya, Grand Maerakaca juga membantu Anda untuk mengenal kebudayaan Jawa Tengah. Dijamin asyik dan bisa menjadi lokasi foto yang hits.

Wisata Grand Maerakaca menjadi viral di media sosial karena campur tangan netizen dan warga Kota Semarang, yang merasa memiliki dan sayang jika aset yang ada di kota ini menjadi sepi, turut mempromosikan taman wisata ini.

"Di masa pandemi itu tutup tiga bulan lebih. Selama tutup kita tidak hanya bersihkan, perbaiki, pangkas rumput rumput yang tinggi tetapi selama tutup ini kami sedang persiapkan juga spot baru," ujar Titah Listiorini, Direktur PRPP Jawa Tengah dikutip dari YouTube Ganjar Pranowo.

Terpantau dari postingan laman Instagram @grandmaerakaca, objek wisata ini terus melakukan pembangunan beberapa objek menarik lainnya.

"Ada spot baru bernama Lumina yang ada di sebelah utara miniatur Laut Jawa. Itu benar-benar baru, konsepnya adalah tetap rumah adat namun dari berbagai negara ada Jepang, Yunani, Turki, Meksiko dan Arab," imbuhnya.

 grand

Kini sudah dibuka kembali untuk umum dengan protokoler kesehatan yang ketat, mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Anda perlu membayar HTM sebesar Rp15.000. Aksesnya cukup mudah dan bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini