4 Spot Kuliner Ini Bikin Liburan ke Jogja Lebih Menyenangkan

Chotimah, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 301 2304417 4-spot-kuliner-ini-bikin-liburan-ke-jogja-lebih-menyenangkan-22nPtI4XVE.JPG Nasi kuning Mbah Jo, salah satu kuliner hits di Yogyakarta (Foto: Instagram/@nasikuning.mbahjo)

YOGYAKARTA terkenal dengan destinasi wisata melimpah, baik wisata alam atau kulinernya sehingga mengundang wisatawan untuk selalu kembali. Apalagi reputasi Jogja sebagai sentra kuliner murah dan ramah di kantong masih melekat hingga kini.

Bagi Anda yang berkunjung atau kebetulan domisili di Kota Pelajar, sudah sepatutnya mencipipi kuliner di berbagai tempat hits yang populer di sana. Penasaran tempat kuliner apa saja yang wajib Anda kunjungi? Berikut rekomendasi 4 spot kuliner populer di Jogja, sebagaimana dirangkum Okezone.

Mi Gacoan

Anda pecinta mi pedas? Nah, cocok sekali jika sedang berada di Jogja. Anda bisa menjumpai restoran yang menyediakan berbagai macam mi dengan tingkat level kepedasan sesuai selera.

Salah satunya paling terkenal adalah Mi Gacoan. Ada tiga varian mi yang tersedia di resto ini seperti mi angel, mi setan dan mi iblis. Dari namanya saja sudah membuat tak sabar untuk mencicipi sensasi pedas pada varian mi tersebut.

Mi Gacoan

(Foto: Instagram/@mie_gacoan)

Resto ini terletak di Jalan Colombo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Kalau ingin singgah harus butuh kesabaran yang ekstra karena antrean yang sangat panjang. Cita rasa setiap minya beragam yakni manis pedas dan asin pedas.

Untuk Anda yang tak suka pedas, jangan khawatir karena resto ini menyediakan mi angel dengan rasa tidak pedas.

Baca juga: Viral, Penumpang Kereta Api Keluhkan Harga Makanan Mahal

Semua hidangan terdapat pelengkap seperti taburan ayam lembut, bawang goreng dan krupuk pangsit. Ada menu lainnya juga seperti dimsum, udang rambutan dan udang keju. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau sekitar Rp5.500 hingga Rp12.500 per porsi.

Bakso Kang Har

Mendengar kata bakso pasti sudah tak asing lagi, karena setiap daerah menjajakan makanan satu ini. Tapi, terdapat perbedaan dari cita rasa maupun tekstur yang disajikan oleh penjualnya. Salah satu warung bakso terkenal di Jogja yakni Bakso Kang Har.

Ada varian bakso yang tersedia di sini yaitu bakso rusuk, bakso lobster, bakso balungan, bakso tetelan dan bakso original. Lokasinya berada di Jalan Stadion Sultan Agung, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul.

Bakso Kang Har di Bantul

(Foto: Instagram/@baksokanghar)

Warung ini selalu ramai pengunjung setiap harinya terutama pada jam makan siang. Tempat ini menyajikan menu andalan seperti bakso rusuk.

Dikarenakan bakso rusuk memiliki visual yang menggoda selera. Berbahan dasar tulang rusuk atau iga sapi dengan balutan adonan bakso yang kenyal serta ukuran yang disajikan pun jumbo.

Cita rasa bakso yang kenyal dan gurih serta dagingnya yang empuk membuat Anda tak henti menguyah. Dengan harga Rp27.000 Anda bisa menikmati bakso rusuk ini hingga kenyang.

Nasi Kuning Mbah Jo

Merasa lapar saat bermalam di Jogja? Tak perlu khawatir, Anda bisa singgah ke salah satu warung yang cukup terkenal akan antrean panjangnya yakni Warung Nasi Kuning Mbah Jo. Setiap malamnya selalu ramai oleh pengunjung karena warung dibuka pukul 20.00 WIB. Jadi, butuh kesabaran yang ekstra saat mengantre.

Pengunjung yang hadir lebih dominan mahasiswa karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Warung sederhana ini sangat mudah ditemukan, berada di ujung Jalan Ruko Barbasari tepatnya di Jalan Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Warung ini menyediakan beragam pilihan lauk pauk diantaranya sambal kentang kerang, ikan balado, sohun, ayam, lele dan masih banyak lagi. Dengan harga sekitar Rp6.000 hingga Rp20.000 saja Anda bisa menikmati nasi kuning dengan paduan lauk pauk sesuai selera.

Tengkleng Hohah

Salah satu tempat kuliner populer yang digandrungi pengunjung yakni Warung Tengkleng Hohah. Tempat ini menyediakan tengkleng dengan cita rasa pedas yang menggoda selera. Tengkleng sendiri adalah makanan asal Jogja dan Solo dengan bahan utama daging sapi atau kambing.

Sajiannya hampir mirip dengan gulai, namun bedanya kuah tengkleng lebih encer. Cita rasa kuah yang disajikan pun gurih dengan aroma bumbu yang kuat. Hal yang menarik dari tengkleng hohah ini adalah Anda akan belajar mencari daging yang menempel di tulang dan menghisap bumbunya yang super duper pedas.

Tengkleng Hohah

(Foto: Instagram/@tengklenghohah)

Warung ini pun menyediakan menu lainnya seperti tengkleng hohah, kicik balungan, nasi goreng kambing, gulai kambing, kicik kaki kambing, sate kambing muda, sate klathak, dan menu yang lain. Semua hidangan dibanderol mulai dari Rp6.000 hingga Rp189.000 per porsi.

Warung yang buka setiap pukul 09.00-21.00 WIB memiliki konsep yang kekinian, karena itu pengunjung bisa nongkrong sambil menikmati hidangan tengkleng hingga kenyang. Warung ini terletak di Jalan Wonosari, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, tepatnya di seberang SPBU Mantup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini