Taman Nasional Rocky Mountain di Colorado AS Masih Ditutup Akibat Kebakaran

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 406 2304714 taman-nasional-rocky-mountain-di-colorado-as-masih-ditutup-akibat-kebakaran-JNCIXZBgcJ.jpg Taman Nasional Rocky Mountain (visitestespark.com)

TAMAN Nasional Rocky Mountain di Colorado, Amerika Serikat ditutup sampai karena dua kebakaran hutan berskala besar membuat taman ini berbahaya bagi pengunjung. The Cameron Peak Fire telah membakar hampir 209.000 hektare tanah dan East Troublesome Fire yang telah membakar lebih dari 193.000 hektare tanah.

Melansir Travel and Leisure, Kamis (5/11/2020), Colorado secara bersamaan menghadapi dua kebakaran terbesar yang pernah tercatat dalam sejarahnya. Taman tersebut ditutup sejak 22 Oktober 2020, setelah East Troublesome Fire melaju sejauh 18 mil hanya dalam sehari.

Meskipun pihak berwenang mencabut perintah evakuasi untuk kota Estes Park, pintu gerbang Taman Nasional Rocky Mountain pada Senin lalu masih ditutup.

Baca juga: 3 Gunung Paling Instagramable di Indonesia, Cocok Buat Pendaki Pemula Berjiwa Petualang 

“Ini sangat tidak biasa, karena taman itu dibuat pada 1915. Jadi, kami tidak memiliki aktivitas kebakaran di taman selama 105 tahun. Tahun ini sangat ekstrem dan signifikan karena semua kata yang kami dengar belum pernah terjadi sebelumnya,” kata petugas informasi publik Taman Nasional Rocky Mountain, Kyle Patterson kepada Colorado Public Radio.

Patterson mengatakan bahwa taman tersebut mungkin akan segera dibuka setelah beberapa daerah terpilih dalam penilaian. Tetapi, di daerah lain mungkin masih ditutup karena berbahaya untuk diakses bahkan penilaian.

Menurut National Park Service, taman yang ditutup karena imbas kebakaran hutan akan berlaku sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Menurut Coloradoan, hampir sekitar 29.000 hektare tanah di taman nasional seluas 265.000 hektare ini telah terbakar. Meskipun tanahnya telah terpengaruh, taman hanya melaporkan kerusakan kecil pada camping grounds dan jalan setapak. Namun, hutan dapat tahan terhadap kebakaran dan walaupun ada kerusakan, bentang alam dapat tumbuh kembali dan menjadi kuat.

Baca juga: Mengulik Kuliner Favorit Donald Trump, Makanan Cepat Saji hingga Es Krim Vanilla

“Seringkali hal–hal akan pulih dan menjadi lebih baik tetapi tidak dalam hidup kita, jadi kami belum tentu memperolehnya. Tapi kami ingin masyarakat tahu bahwa taman kesayangan mereka masih ada. Dan beberapa daerah mungkin terlihat sedikit berbeda dan ada banyak hal positif di dalamnya,” tutup Patterson.

Dinas Kehutanan Amerika Serikat melaporkan bahwa The Cameron Peak Fire sebanyak 89 persen tertahan pada Selasa pagi dan The East Troublesome Fire telah terkendali sebanyak 14 persen.

Asap diperkirakan akan tetap ada di daerah tersebut sampai cuaca buruk tiba. Di Hutan Nasional dan Roosevelt yang berdekata, sekitar 1,5 juta hektar lahan akan ditutup karena kebakaran.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini