Piknik ke Kebun Raya Cibodas, Seseru Apa Sih?

Mustafidhotul Ummah, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 408 2304737 piknik-ke-kebun-raya-cibodas-seseru-apa-sih-x8aocnko0q.jpg Kebun Raya Cibodas. (Foto: Instagram/@krcibodas_lipi)

BOSAN dengan wisata Puncak Bogor yang mungkin sudah pernah Anda kunjungi? Pergilah ke Kebun Raya Cibodas yang lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Puncak.

Berlokasi di Cianjur, Jawa Barat ini mempunyai jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Posisi Kebun Raya Cibodas ini berada di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang menambah keindahan semakin sangat luar biasa.

Kebun Raya Cibodas merupakan taman dengan hamparan rumput hijau dengan luas 80 hektar. Maka dari itu sering menjadi objek wisata anak sekolah atau study tour dan family gathering.

Tidak hanya pengunjung lokal saja, tetapi pengunjung mancanegara pun ikut serta dalam menikmati tempat ini. Tempatnya yang terjaga dan terawat ini, membuat para pengunjung betah berlama-lama sembari menikmati pemandangan khas Cianjur.

Baca Juga: Kenali 6 Fakta White House, Kantor Presiden AS

kebun

(Foto: Instagram/kebunraya_cibodas)

Belum lagi Anda bisa bebas menghirup udara segar dan sejuk. Seru banget jalan-jalan kesini bareng keluarga atau sahabat.

“Tempatnya itu sejuk banget, apalagi dia termasuk kayak hutan-hutan yang asri begitu, dan karena posisinya di gunung jadi udaranya masih segar banget, pemandangannya apalagi oke banget deh," tutur Dea Hamidah, yang pernah mengunjungi beberapa waktu lalu.

 

Kebun Raya Cibodas juga mempunyai berbagai macam tanaman serta pepohonan, sehingga tempat ini sangat asri. Tempat ini juga menyediakan banyak spot foto yang sangat menarik untuk dijadikan koleksi album Anda. Berikut 5 tempat yang tersedia di Kebun Raya Cibodas.

Taman Sakura

Nah Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jepang hanya untuk menyaksikan keindahan sakura saja. Di Kebun Raya Cibodas terdapat taman sakura yang tumbuh dan mekar sangat cantik, biasanya spot ini sering dikunjungi oleh banyak orang untuk berfoto-foto ria bagaikan di Jepang. Taman sakura tampak tumbuh subur di pekarangan kebun raya Cibodas, karena letak tumbuhnya berada di ketinggian kurang lebih 1400 m dari permukaan laut. Maka dari itu lingkungan disini sangat cocok dengan perkembangan sakura.

Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum atau Curug Cibeureum termasuk objek wisata yang paling favorit di kalangan wisatawan Kebun Raya Cibodas. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini, sering menjadi alasan para pendaki untuk melihat pemandangan yang sangat luar biasa. Ketinggian air terjun disini sekitar 1675 meter dari permukaan laut.

Jalan Air

Nah spot yang ketiga merupakan spot yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, khusus nya wisatawan yang sudah berkeluarga. Banyak anak kecil yang bermain air dengan gembira karena memiliki air yang begitu jernih. Air ini aliran dari sungai Cibogo Gunung Gede.

Bunga Bangkai Raksasa

 

Di kawasan Kebun Raya Cibodas juga terdapat bunga bangkai atau raflesia arnoldi. Bunga yang mempunyai aroma yang menyengat ini menjadi salah satu objek yang sering didatangi oleh para pengunjung.

Rumah Kaca

Spot terakhir dari Kebun Raya Cibodas adalah Rumah Kaca dengan beragam tumbuhan di dalamnya dan menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Mulai dari kaktus hingga tanaman yang sangat dilindungi.

Bagaimana sangat menarik kan untuk dikunjungi Kebun Raya Cibodas, tempatnya yang eksotis ini menjadi incaran warga Bogor dan sekitarnya. Jarak yang ditempuh jika Anda dari Tangerang menggunakan motor hanya menghabiskan waktu 2-3 jam.

Untuk harga tiket masuk hanya merogoh kocek sebesar Rp16.500 per orang. Sangat murah dan tidak sebanding dengan mewahnya tempatnya yang terdapat di dalamnya.

Agar tak membosankan, Dea menginginkan banyak inovasi baru di Kebun Raya Cibodas. Misalnya ada tambahan spot baru yang menarik untuk para traveler.

"Saya ingin Kebun Raya Cibodas bisa lebih berinovasi untuk tempat-tempat di dalamnya lagi sih, karena pasti akan banyak wisatawan yang datang kalau semakin menarik,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini