Asyiknya Menikmati Golden Sunrise di Lereng Gunung Ungaran

Chotimah, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 408 2304863 asyiknya-menikmati-golden-sunrise-di-lereng-gunung-ungaran-3Fh6kwRKRC.jpg Menikmati sunrise di I'Ampelgading Homeland, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Semarang (Instagram @farkhan.grg)

BAGI penikmat golden sunrise alias matahari terbit, wisata I Ampelgading Homeland cocok menjadi pilihan destinasi Anda. Terletak di Dusun Ampelgading, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, objek wisata di lereng Gunung Ungaran ini jadi incaran wisatawan.

Selain menawarkan pemandangan alam hijau yang asri dengan hawa sejuk khas pegunungan, wisatawan bisa menikmati indahnya mentari terbit di ketinggian 1.367 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Momentum paling ditunggu oleh wisatawan yakni golden sunrise, saat cahaya kuning keemasan perlahan muncul di ufuk timur, menyibak kegelapan alam. Pagi hari, wilayah ini kerap diselimuti kabut, menambah eksotisnya pemandangan.

Baca juga: 5 Objek Wisata Kebun Teh yang Menawan di Indonesia, Cocok Buat Refreshing

Banyak wisatawan rela melawan dingin dengan menginap di area pegunungan demi menyaksikan detik-detik matahari terbit. Momen ini sangat pas diabadikan dengan kamera.

I Ampelgading Homeland memiliki fasilitas pasar tani, warung, toilet, musala hingga spot foto kekinian. Salah satu ikon spot bagi wisatawan yakni gardu pandang dengan suguhan panorama alam nan asri.

Pengunjung bisa juga menikmati indahnya golden sunrise dan sejuknya udara pegunungan di area tenda. Juga melihat suguhan hamparan lautan awan dan gagahnya deretan gunung-gunung, setidaknya terdapat enam gunung yang dapat di saksikan di lokasi ini.

Baca juga: Pesona Karang Gemantung, Wisata Alam Eksotis di Banjarnegara 

"Di sini bisa melihat pemandangan yang jarang kita jumpai di perkotaan, suguhan hawanya yang dingin dan sejuk serta cocok sekali untuk berkemah sambil menunggu moment matahari terbit, " ucap seorang wisatawan, Nuris Kira seperti dikutip dari channel Yotube Official Inews SMG, Jumat (6/11/2020).

Wisata yang dikelola pemuda Desa Kenteng ini menjadi favorit pengunjung karena selain pemandangan alamnya indah, tiket masuknya juga terjangkau. Untuk berkemah dikenakan biaya Rp20.000 per orang. Untuk masuk area ini dikenakan tarif Rp10.000 per orang.

Objek wisata ini sempat ditutup dua bulan akibat pandemi Covid-19. Sekarang sudah dibuka kembali dengan protokol kesehatan. Kouta tenda kini dibatasi tak lebih dari 250 tenda, dari sebelumnya 500, agar wisatawan bisa saling jaga jarak.

"Dengan mengunjungi wisata alam terbuka membuat wisatawan tidak berkumpul hanya di satu titik melainkan bisa menyebar di setiap spot tertentu agar menghindari penyebaran virus corona. Kami pun di sini tetap mengawasi wisatawan untuk menjaga jarak dengan pengunjung lainnya, " kata Yulian, seorang pengelola wisata I Ampelgading Homeland.

Tempat wisata ini jaraknya sekitar 35 kilometer dari Kota Semarang. Jalan ke sini cukup terjal dan harus tetap berhati-hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini