Pemandian Bah Damanik, Kolamnya Para Raja

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 408 2305120 pemandian-bah-damanik-kolamnya-para-raja-tX8c994QI0.jpg Pemandian Bah Damanik. (Foto: Instagram @negrikece)

YOGYAKARTA punya objek wisata tempat pemandian keluarga kerajaan dikenal dengan nama Taman Sari. Serupa, di Sumatra Utara juga ada pemandian Bah Damanik yang terkenal.

Pemandian Bah Damanik atau warga sekitar menyebutnya Aek Manik jadi tempat wisata favorit warga Simalungun. Konon katanya pemandian ini pernah digunakan oleh Raja Damanik dan anggota keluarganya.

Namun kini pemandian ini sudah beralih fungsi menjadi objek wisata yang bisa di datangi wisatawan. Lokasinya berada di Desa Hula Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Untuk Okezoners yang tinggal di Pematangsiantar, jarak yang ditempuh 21 kilometer dan membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di Pemandian Bah Damanik.

Baca Juga: 4 Aktivitas Seru Bisa Dilakukan di Sabang, Surga Wisata di Ujung Barat Indonesia

pemandian

Karena lokasinya berada di bawah bukit, para wisatawan harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu. Namun kerja keras Okezoners akan terbayarkan setelah melihat keindahan Bah Damanik.

Tempat wisata Bah Damanik merupakan destinasi yang asik untuk liburan bersama keluarga. Ciri khasnya adalah air kolam yang jernih dan berwarna biru. Pemandian ini di kelilingi oleh pepohonan rimbun dan vegetasi hutan lainya membuat tempat ini terasa sangat sejuk.

Pemandian Bah Damanik dialiri air dari pegunungan, melalui lubang bambu, air itu mengucur kedalam kolam. Airnya tampat jernih dan segar, bahkan warga sekitar mengatakan bahwa air ini bisa langsung diminum.

Laman Instagram @negrikece pun memuji keindahan pemandian ini. Menurutnya, air pemandian ini sangat jernih dan memanjakan mata.

"Asli bening banget 😍. Kalau ke Aek Manik lebih sering nemuin ramai orang atau sepi orang?. Lokasi Aek manik, Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara," tulis keterangan fotonya.

Ya, terdapat dua kolam di Pemandian Bah Damanik, yang pertama memiliki kedalaman yang cukup dalam, kolam ini di peruntukan oleh orang dewasa. Lalu yang kedua kedalamanya terbilang dangkal, area ini bisa diguanakan untuk anak-anak.

Objek wisata satu ini wajib dikunjungi jika sedang berada di Pematangsiantar. Udara sejuk, air yang segar dan pemandangan alam yang masih asri akan membuat pikiran Okezoners menjadi lebih fresh.

https://www.instagram.com/p/CDP110IFWIo/?igshid=9x3v74tyym4u

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini