5 Destinasi Agrowisata di Karanganyar Pas Dikunjungi Bareng Keluarga

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 408 2305497 5-destinasi-agrowisata-di-karanganyar-pas-dikunjungi-bareng-keluarga-OK8f0QBAOg.jpg Agrowisata Kampung Karet, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah (Instagram @kampoengkaret)

BUMI Intanpari adalah akronim dari industri, pertanian dan pariwisata, yang merupakan sebutan lain bagi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah di lereng Gunung Lawu ini memiliki alam yang indah dan subur.

Pemerintah didukung masyarakat memaksimalkan potensi agrowisata dalam perkembangan industri wisata setempat. Potensi agrowisata yang menggunakan pertanian sebagai daya tarik wisatawan sangat menjanjikan di Karanganyar.

Baca juga: Ecotourism Jatiluwih Nan Elok dan Menjanjikan Ketenangan

Sektor pertanian di Karanganyar begitu hidup dengan menghasikan gabah, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut tiga destinasi agrowisata di Karanganyar :

1. Agrowisata Sondokoro

Salah satu destinasi populer di Jawa Tengah ini merupakan tujuan wisata yang cocok untuk keluarga. Berkonsep taman rekreasi dan edukasi, Agrowisata Sondokoro memiliki banyak wahana yang ramah anak serta fasilitasnya lengkap.

Berbagai permainan baik untuk anak maupun dewasa tersedia, seperti mandi bola, taman air, panjat dinding, rumah pohon hingga terapi ikan. Sangat nyaman untuk berlibur di sana karena banyak pohon rindang sehingga suasananya sejuk.

ilustrasi

Agrowisata Sondokoro Karanganya (agrowisata-sondokoro.blogspot)

Pabrik gula tua yang ada sejak era kolonial, mesin-mesin industri masa lampau hingga lokomotif kereta uap menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan. Anda bisa melihat proses penggilingan tebu yang akan diolah menjadi gula.

Baca juga: 5 Objek Wisata Kebun Teh yang Menawan di Indonesia, Cocok Buat Refreshing

Agrowisata Sondokoro buka setiap hari pukul 08.00–14.30 WIB. Dikenakan HTM sebesar Rp5.000 dan jika ingin menikmati fasilitas lainnya Anda harus membayar lagi, namun jangan khawatir karena harganya sangat terjangkau. Lokasinya di Jalan Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Agrowisata Kampung Karet

Kawasan Agrowisata Kampung Karet masuk sebagai wisata edukasi yang cocok untuk liburan bersama teman dan keluarga. Spot foto menarik, outbound, jalur joging dan sepeda hingga resto dengan pemandangan hijau bisa menjadi alasan Anda berkunjung ke Argowisata Kampung Karet.

Sesuai namanya objek wisata ini menyuguhkan perkebunan hutan karet yang luas. Agrowisata Kampung Karet cocok untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga dan teman-teman karena suasana yang sejuk dan nyaman. Tidak ada biaya masuk, namun Anda harus membayar jika ingin menikmati berbagai wahana di sana.

Terletak di Desa Puntukrejo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Untuk sampai ke tujuan, Anda harus lebih berhati-hati karena akses jalan kurang baik dan minim pencahayaan saat malam membuat suasana perkebunan karet ini cukup horor.

3. Agrowisata Amanah

Tempat wisata ini menawarkan edukasi dan keindahan alam. Udaranya sejuk dan jauh dari polusi karena berada di kaki Gunung Lawu. Dikonsep sebagai wisata keluarga yang menyenangkan dengan berbagai wahana dan fasilitasnya.

Banyak wahana yang dapat dinikmati, mulai dari yang seru hingga ekstrem seperti flying fox, wall climbing, ATV dan lainnya. Terdapat juga kolam renang dan kolam ikan. Dengan memanfaatkan alam sekitar, Agrowisata Amanah menawarkan sawah, peternakan, kebun sayur dan kebun buah kepada pengunjungnya.

Pengunjung pun dapat menyaksikan proses berkebun dan ikut serta dalam kegiatan panen. Di area peternakan terdapat ayam, bebek, kelinci, kambing, sapi dan kuda. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan sekaligus belajar cara beternak yang baik.

Lokasinya di Jalan Raya Solo-Tawangmangu KM. 34, Karang Wetan, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Argowisata beroperasi setiap hari pukul 08.00–16.00 WIB. Bagi Anda yang ingin menginap, di sini juga disediakan penginapan.

4. Agrowisata Bariza

Agrowisata Bariza merupakan perkebunan buah merangkap sebagai tempat wisata edukasi ramah anak untuk belajar buah-buahan. Terdapat berbagai jenis buah, seperti durian, anggur, jambu, mangga dan lainnya. Durian montong di sini juaranya, Anda bisa menikmati si raja buah berukuran jumbo dengan daging buah yang tebal.

Bagi yang gemar berkebun bisa membeli bibit-bibit tanaman dan tabulampot. Ada juga berbagai macam olahan dari buah seperti permen jambu biji, keripik apel dan sebagainya. Untuk pecinta alam, Ada juga area perkemahan di sini.

Agrowisata Bariza terletak di Area Sawah, Pogak, Gadungan, Girimulyo, Ngargoyoso, Kapubaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berada jauh dari pemukiman penduduk dan kondisi jalannya pun tidak begitu bagus.

5. Agrowisata Kembang Desa Dawung

Terletak di lereng Gunung Lawu Agrowisata Kembang Desa Dawung menyuguhkan perkebunan bunga celosia berwarna merah, kuning, orange dan ungu. Ada juga perkebunan buah-buahan seperti semangka dan melon.

Dikenakan HTM sebesar Rp5.000 saja, pengunjung bebas menikmati pemandangan gunung dan kebun bunga indah. Objek wisata ini sangat ramah anak, berbagai fasilitas bermain ada di sana.

Lokasinya berada di Desa Dawung, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini karena berada di pinggir jalan utama Matesih-Tawangmangu. Disarankan untuk berkunjung ke Argowisata Kembang Desa Dawung adalah saat pagi atau sore hari. Karena udaranya lebih sejuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini