10 Kegiatan Seru yang Wajib Dilakukan saat Berkunjung ke Jatiluwih

Agustina Wulandari , Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 25 2305910 10-kegiatan-seru-yang-wajib-dilakukan-saat-berkunjung-ke-jatiluwih-3M68Zu1mnn.jpeg Foto : Dok.DTW Jatiluwih

BALI – Panorama alam Jatiluwih yang menjanjikan ketenangan membuat objek wisata alam yang berada di Kabupaten Tabanan Bali ini selalu menjadi tujuan berlibur bagi wisatawan. Diantara banyak objek wisata di pulau dewata, Jatiluwih salah satu yang paling populer. Dengan luas 1000 hektar dan luas persawahan sekitar 300 hektar, Jatiluwih menawarkan konsep pariwisata pertanian yang meliputi studi wisata yang mendidik pengunjung tentang sawah, subak atau sistem pengairan tradisional Bali yang terkenal, dan berbagai kegiatan petanatani lainnya.

Selain memanjakan mata, Anda pun bisa melakukan hal-hal menarik lainnya. Berikut hal wajib yang Anda lakukan saat berkunjung ke Jatiluwih:

1. Bersepeda sambil Menikmati Alam

Bersepeda atau cycling sedang digemari dan menjadi olahraga alternatif untuk meningkatikan imunitas tubuh. Menikmati alam sambil bersepeda bisa menjadi pilihan menarik untuk mengelilingi Jatiluwih. Ada beberapa spot yang menyediakan penyewaan sepeda. Tarif penyewaannya pun cukup murah dan terjangkau.

Foto: Dok. Instagram @infojatiluwih

2. Berkeliling Jatiluwih dengan Berkuda

Bagi Anda yang ingin menikmati Jatiluwih dengan cara berbeda, Anda pun bisa mencoba berkeliling dengan menunggang kuda. Anda tak perlu khawatir, sepanjang perjalanan akan dipandu tour guide yang siap menemani.

3. Mencicipi Kuliner Khas

Yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi desa wisata Jatiluwih adalah mencicipi kuliner khasnya. Beberapa restoran di sekitar Jatiluwih menjadi rekomendasi saat Anda berkunjung ke sana, diantaranya restoran Gong Jatiluwih yang berlokasi di tengah areal persawahan. Dengan material bangunan kayu menambah keakraban dengan alam. Hidangan yang disajikan pun penuh cita rasa menu nusantara.

4. Mengikuti Kelas Memasak

Memasak di alam terbuka tentu akan menjadi sensasi tersendiri. Di Jatiluwih Anda bisa memasak dengan cara yang menyenangkan. Talenan Bali Cooking Class menawarkan Anda untuk berkreasi makanan tradisional serta teknik memasak dengan mengikuti kelas memasak. Anda bisa menciptakan sajian dengan cita rasa tradisional Bali dan kuliner khasnya.

5. Melakukan Aktivitas Pertanian

Desa wisata Jatiluwih memang menyajikan konsep pertanian, sehingga Anda pun bisa melakukan keseruan dengan mempelajari teknik pertanian, seperti mencangkul, Nampadin (prosesi pembersihan sawah), Ngelampit (membajak sawah), Melasah (menyamakan tanah sawah), dan Nandur (menanam padi).

 

Foto: Dok.DTW Jatiluwih

6. Menikmati Air Terjun Blahmantung

Jatiluwih yang terkenal sebagai warisan budaya UNESCO juga memiliki banyak wisata air terjun. Untuk Anda yang ingin menyegarkan badan dan relaksasi, bisa menikmati air terjun Blahmantung.

7. Trekking dan Hiking

Selain memanjakan mata, Jatiluwih juga menawarkan spot-spot untuk sport tourism. Ya, Anda bisa menikmati alam sekaligus berolahraga, seperti trekking dan hiking di gunung sekitar Desa Jatiluwih .

8. Berburu Sunrise

Dari spot-spot ketinggian, Jatiluwih juga menawarkan pemandangan sunrise yang penuh dengan sejuta pesona.

Ketua Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa mengatakan, selain menyajikan pemandangan hijau dan udaranya yang sejuk di pagi hari akan semakin indah dengan pemandangan matahari terbit atau sunrise. “Kalau spot-spot sunrise ada di tempat-tempat ketinggian itu di jalur utama masih bisa kita liat sunrisenya, kemudia kita masuk ke pertengahan sawah. Jadi, dari spot manapun bisa menikmati sunrise selama masih tinggi tempatnya,” tutur Nengah kepada Okezone.

9. Berjalan Kaki Mengelilingi Sawah

Bagi Anda yang senang berjalan dan sekaligus menggerakkan otot-otot yang kaku, Anda bisa mengililing pedesaan dengan berjalan kaki sambil menyapa para petani dan penduduk sekitar.

10. Berkeliling Jatiluwih dengan VW Safari

Cara asyik menikmati pemandangan sawah di Jatiluwih juga bisa Anda nikmati dengan VW Safari. Dengan mobil terbuka, tentunya membuat Anda tetap santai sambil menyegarkan mata dan menikmati nuansa pedesaan. Anda bisa menyewa mobil tersebut dan berkeliling desa bersama orang tercinta.

Di era new normal ini, Jatiluwih sudah siap menerima para wisatwan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Silahkan datang ke Jatiluwih untuk menikmati kembali keindahannya, kami sudah bersiap dengan tetap memenuhi protokol kesehatan. Kami juga terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada para petani dan mayarakat sekitar,” pungkas Nengah.

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini