Ini Alasan Jatiluwih, Jadi Destinasi Wajib Liburan di Era New Normal

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 09 November 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 25 2306449 ini-alasan-jatiluwih-jadi-destinasi-wajib-liburan-di-era-new-normal-BmCMAjIuDu.jpg Foto: Dok (Instagram: InfoJatiluwih)

JAKARTA- Ingin menikmati suasana pedesaan yang masih tenang, asri, dan alami di pulau Dewata? maka kamu bisa dapatkan dengan berkunjung ke sawah terasering Jatiluwih, Bali. Tempat wisata di Bali bagian barat ini cocok sekali untuk menghilangkan kepenatan dengan suasana perkotaan yang penuh keramaian.

Rasa penat yang kamu rasakan karena aktivitas sehari-hari akan hilang begitu berada di Jatiluwih. Di masa new normal ini para wisatawan tak perlu khawatir untuk berkunjung ke Jatiluwih karena protokol kesehatan disana diterapkan dengan baik.

Seperti yang diungkapkan Nengah Sutirtayasa, Ketua DTW Jatiluwih kepada Okezone bahwa di masa pandemi saat ini Jatiluwih, Tabanan merupaka tempat wisata yang aman untuk dikunjungi karena ketika disana wisatawan, para petani selalu di edukasi tentang protokol kesehatan dan dalam menyambut persiapan new normal bekerja sama dengan masyarakat dalam tahap pengolahan menata kawasan.

“Bentuk edukasi protokol kesehatan ada beberapa yang bekerjasama dengan universitas dan dilapangan karena kita kebanyak masyarakat Jatiluwih sebagai petani sebanyak 448 orang jadi kita selalu memberikan sebuah fasilitas,” ujar Nengah Sutirtayasa.

Objek wisata di Tabanan ini menawarkan panorama hamparan persawahan terasering yang dibuat dan dikelola oleh penduduk asli Tabanan yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan menawarkan konsep pariwisata pertanian meliputi studi wisata yang mendidik pengunjung tentang sawah, subak, dan berbagai kegiatan petani di Jatiluwih seperti; mencangkul, Nampadin (prosesi pembersihan sawah), Ngelampit (membajak sawah), Melasah (menyamakan tanah sawah), Nandur (menanam padi), dll. Kegiatan lain seperti trekking, hiking, dan bersepeda juga bisa dilakukan di daerah desa.

“ Karena di Jatiluwih memiliki terasering seluas 300 hektar dan sangat bagus untuk sport toursim, jadi selama new normal para wisatawan dapat menikmati spot-spot trakking, hikking ke gunung, ada juga bersepeda, argo tourism seperti memetik jeruk dan jambu kristal,” tutur Nengah Sutirtayasa.

Berikut Alasan Jatiluwih, Jadi Destinasi Wajib Liburan Mu di Bali di Era New Normal:

1. Merasakan Sensasi Trakking di Area Persawahan

Satu hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Jatiluwih adalah trekking di area persawahan. Mendaki melalui area terasering sawah yang indah akan membantu menenangkan jiwa sembari menghirup udara segar Jatiluwih.

Kamu dapat memilih salah satu dari lima pilihan jalur trekking yang berbeda. Di dekat pintu masuk, kamu juga akan menemukan peta dengan empat rute pendakian yang berbeda, semua jalur diberi warna yang berbeda.

2. Menikmati Area Pedalaman Jatiluwih

Aktivitas seru lainnya yang sangat direkomendasikan saat berada di Jatiluwih adalah melihat jauh ke pedalaman. Untuk lebih mudahnya, sewa sepeda dan mulailah berkendara di sepanjang sisi jalan-jalan kecil dari wilayah Jatiluwih yang jauh dari hiruk-pikuk area pantai Pulau Bali. Di beberapa area pedalaman, kamu akan dapat menemukan desa- desa kecil yang dalam satu kunjungan saja kamu akan bisa merasakan bagaimana penduduk lokal hidup dengan prinsip keseimbangan yang berkelanjutan.

3. Bersepeda

 

(Instagram: InfoJatiluwih)

Bersepeda di area persawahan di Jatiluwih adalah metode yang paling brilian untuk mendapatkan view sempurna dari lanskap desa ini. Kamu bisa menyewa sepeda dan berkeliling di area rice terraces dari Jatiluwih. Jalur trekking hijau dan biru adalah jalur yang paling ideal untuk kamu yang memilih bersepeda di area ini.

4. Belajar Bertani

 

(Dok: DWT Jatiluwih)

Tidak hanya bisa sport tourism , para wisatawan yang datang ke Desa Jatiluwih juga bisa belajar bertani. Melalui konsep argo wisata, masyarakat setempat menawarkan pembelajaran terkait pertanian, subak, dan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan pertanian seperti menanam padi.

5. Menikmati Air Terjun Yeh Ho

Tak hanya menikmati hamparan terasering, karena di Jatiluwih memiliki yang terjun yang indah bernama Air terjun Yeh Ho terletak di Jalan Batu Lueih Kanan, Banjar Gunung Sari Umah Kayu, Desa Jatiluwih Tabanan, Penebel, Tabanan Bali. Untuk mencapai lokasi, kamu akan melalui jalan setapak dan beriliku sehingga cukup ekstrim. Tetapi, ketika kamu sampai di air terjun, kamu tak akan kecewa sebab pemandangan yang ditawarkan sangat indah dan alami.

 CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini