Rambut Monte, Telaga Cantik nan Eksotis Berbalut Misteri

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Senin 09 November 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 408 2306466 rambut-monte-telaga-cantik-nan-eksotis-berbalut-misteri-UcqNc1VTvs.JPG Telaga Rambut Monte di Blitar, Jawa Timur (Foto: Backpacker Jakarta)

BLITAR menyimpan wisata paling bersejarah yakni makam tokoh proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Selain itu, kota dengan sebutan Patria ini juga menyimpan wisata alam yang tak kalah menarik bernama Situs Cagar Budaya Rambut Monte.

Situs tersebut terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Memakan waktu sekitar 40-60 menit perjalanan darat dari Kota Blitar.

Melansir dari akun Instagram, @yanik.megawati, Senin (9/11/2020), di lokasi tersebut terdapat telaga yang sangat indah karena airnya begitu jernih dan bening serta memancarkan warna biru tosca.

Saking beningnya, sesuatu yang ada di dalam air bisa terlihat seperti segerombolan ikan berwarna hitam dengan berbagai ukuran. Masyarakat setempat menyebut ikan tersebut dengan nama 'ikan dewa'.

Telaga Rambut Monte

Baca juga: Menilik Potensi Wisata Selancar di Indonesia

Konon katanya, Ikan Dewa yang menghuni telaga ini tidak pernah bertambah atau pun berkurang jumlahnya sejak dahulu.

Ikan-ikan tersebut dilarang dipancing apalagi ditangkap karena dipercaya bisa membawa sial atau bencana.

Sekilas, telaga cantik ini terlihat sangat dangkal. Namun, mitos yang beredar di sekitar telaga bahwa pusat air telaga di tengahnya dipercaya memiliki kedalaman tak terhingga atau tidak terukur.

Meski belum ada bukti konkret terkait mitos tersebut, alangkah baiknya wisatawan merawat dan menjaga Telaga Rambut Monte ini agar tetap lestari.

Jika Anda hendak berkunjung diimbau menyiapkan uang untuk tiket masuk dan retribusi parkir kendaraan.

Berdasarkan Perda Nomor 13 Tahun 2011, tarif ke objek wisata tersebut untuk dewasa dipatok Rp3.000 per orang, anak-anak Rp2.000 per orang, sedangkan rombongan minimal 25 orang dikenakan diskon 15 persen.

Adapun tarif parkir kendaraan yakni bus sebesar Rp.3000 per unit, minibus Rp2.000 dan sepeda motor hanya dikeakan Rp1.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini