Manjakan Mata dengan Berburu Sunrise di Jatiluwih

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 10 November 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 25 2307381 manjakan-mata-dengan-berburu-sunrise-di-jatiluwih-khdmzukeCy.jpeg Foto : Dok.DTW Jatiluwih

Sedikit menjauh dari ibukota menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat. Apalagi memanjakan mata dengan melihat hamparan sawah yang hijau merupakan obat sekaligus refleksi dari aktivitas yang kian menyita waktu.

Di Bali, tepatnya Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan, menawarkan pesona persawahan dengan kontur tanah bertingkatdengan latar belakang Gunung Batukaru yang memukau. Dengan luas sekitar 1000 hektar, yang berupa objek sawah itu sekitar 300 hektar, terasering di sini masih menggunakan sistem irigasi tradisional dan berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Desa Jatiluwih sendiri telah diakui UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya dunia. Kebayang kan, betapa indahnya menghabiskan liburan di sana. Apalagi banyak yang bisa Anda lakukan ketika berlibur ke Desa Jatiluwih, salah satunya berburu sunrise.

Menikmati matahari terbit dari Desa Jatiluwih tak pernah ada tandingannya. Anda yang ingin mengabadikan sunrise bisa berburu dari atas bukit. Banyak spot-spot kece yang bisa Anda pamerkan di sosial media. Seperti yang disampaikan Manager Operasional DTW Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa bahwa spot-spot sunrise ada di tempat-tempat ketinggian di jalur utama dan di pertengahan sawah.

“Ya intinya, dari spot manapun terlihat sunrise selama masih berada di ketinggian,” ujar Nengah.

 

Foto: Dok.DTW Jatiluwih

Desa wisata yang mengusung konsep pertanian ini mengajak para wisatawan menyatu dengan alam. Dengan luas 22,3 kilometer persegi, terdiri atas 7 subak (Organisasi irigasi tradisional di Bali) masing-masing subak dikoordinasikan oleh satu master pengendali air (Pekaseh) membuat para wisatawan pun bisa belajar bertani sekaligus berburu sunrise di sini.

Foto: Dok.DTW Jatiluwih

Keindahan Desa Jatiluwih memang jadi pilihan tepat untuk liburan Anda yang ingin menghindari hiruk pikuk ibukota. Hijaunya persawahan, sunrise yang memukau, dan spot-spot cantik lainnya membuat Anda menyatu dengan alam, sekaligus mengenal kehidupan di pedesaan. Nggak sabar berburu sunrise di Jatiluwih? Desa Jatiluwih tetap buka di era new normal tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat. Yuk, segera ambil cuti dan liburan ke Jatiluwih!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini