Menikmati Pesona Surga Tersembunyi di Desa Pariangan, Sumatra Barat

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 408 2307027 menikmati-pesona-surga-tersembunyi-di-desa-pariangan-sumatra-barat-GyqamsZgAB.JPG Keindahan Desa Pariangan, Tanah Datar, Sumbar (Foto: Instagram/@zenith_halalan)

WILAYAH Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat ternyata menyimpan satu destinasi wisata terkeren. Bernama Desa Pariangan, tempat ini menjadi salah satu desa terindah di dunia.

Dari unggahan foto Instagram Zenith Halalan, Selasa (10/11/2020), terlihat hamparan sawah dengan bunga warna-warni bermekaran. Adanya background Gunung Marapi melengkapi keindahan pemandangn desa tersebut.

"Priangan merupakan salah satu desa terindah di dunia. terletak di kaki Gunung Marapi ini dikelilingi hamparan sawah dan kebun sayur warga," tulis akun @zenith_halalan.

Lantaran berada di lereng Gunung Marapi, tentu udara yang ditawarkan sangat sejuk ditambah dengan lingkungan pedesaan yang bersih dan tak ada sampah sedikitpun.

Baca juga: Viral Pohon "Menangis" di Sleman Gegerkan Warga, Jadi Wisata Dadakan!

Pemandangan indah Desa Pariangan bahkan sudah bisa bersanding dengan keindahan desa lain di dunia seperti Desa Wengen di Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara on The Lake di Kanada dan Desa Cesky Krumnov dari Republik Ceko.

Warga di Desa Pariangan masih mempertahankan tradisi adat secara turun-temurun. Hal ini karena banyaknya Rumah Gadang yang berdiri kokoh dan acara Pacu Jawi.

"Di desa ini masih terdapat beberapa Rumah Gadang dan kebudayaan yang masih terjaga seperti Pacu Jawi," katanya.

Pacu Jawi adalah acara olahraga tradisional dengan menggunakan sepasang sapi yang berlari di lintasan sawah berlumpur sepanjang 60–250 meter dan di kemudikan seorang joki di belakangnya.

Keistimewaan lain dari Desa Pariangan ini adalah adanya dua mata air dengan suhu yang berbeda yakni hangat dan dingin.

Kedua mata air ini sering didatangi wisatawan untuk diambil airnya yang dipercaya memiliki khasiat.

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat ini disarankan datang pada sore hari agar mendapat momen golden hour dari Gunung Marapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini