Napak Tilas Markas Besar FPI Besutan Habib Rizieq Shihab di Kawasan Petamburan

Selasa 10 November 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 408 2307326 napak-tilas-markas-besar-fpi-besutan-habib-rizieq-shihab-di-kawasan-petamburan-Ath88LX8yR.jpg Habib Ririzieq Shihab tiba di Jakarta. (Foto: Okezone)

KEPULANGAN Habib Rizieq Shihab ke Petamburan, Jakarta Pusat menjadi perhatian publik. Lalu apa sejarah Petamburan yang selalu identik dengan Habib Rizieq Shihab?

Petamburan, nama salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat yang tak asing lagi di telinga. Bagi warga ibu kota pastinya tak akan sulit untuk menjangkau wilayah yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat ini.

Sementara itu, Habib Rizieq Shihab yang merupakan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) ke Tanah Air, nama Petamburan kembali sering didengar masyarakat Indonesia melalui berbagai macam media massa. Ya karena di Petamburan ini lah berdiri Markas Pusat FPI.

Lalu bagaimana asal muasal nama Petamburan. Tak banyak informasi detail yang menjabarkan bagaimana asal muasal nama Petamburan. Namun, dilansir dari encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, nama Petamburan ini bermula pada masa lalu di daerah tersebut ada seorang penabuh tambur.

Baca Juga: Sriwijaya Berikan Reschedule Gratis bagi Penerbangan Hari Ini

habib

Dilansir Okezone dari Sindonews, tambur dalam Kamus Bersar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dilansir melalui kbbi.web.id berarti alat musik pukul, berbentuk bundar dibuat dari kulit yang diberi berbingkai; genderang. Pada masa lampau, ada seorang penabuh tambur yang sangat tersohor di wilayah itu.

Penabuh tambur tersebut terkenal ahli menabuh tambur. Suatu hari sang penabuh tambur ini meninggal dunia dan konon jenazahnya dimakamkan di bawah pohon jati. Karena itulah banyak orang menyebut kawasan tersebut dengan Jati Petamburan.

Namun bagi warga Jakarta, daerah itu lebih dikenal dan disebut Petamburan. Nama Petamburan beberapa hari terakhir ini kian santer di telinga masyarakat. Ini terkait rencana kepulangan Habib Rizieq Shihab yang merupakan Imam Besar FPI.

Markas Pusat FPI sendiri saat ini berada di Kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Nama Habib Rizieq Shihab dan FPI tidak bisa dipisahkan. Untuk diketahui Habib Rizieq Shihab memiliki nama lengkap Muhammad Rizieq Husein Shibab. Dia dikenal orang dengan sebutan Habib Rizieq Shihab, seorang ulama sekaligus imam besar Front Pembela Islam (FPI).

Dilansir Okezone dari situs resmi UIN Surabaya, Front Pembela Islam (FPI) merupakan suatu organisasi Islam yang muncul akibat menurunnya peran Negara yang berdampak pada hilangnya tertib hukum di masyarakat. FPI lahir secara resmi pada 17 Agustus 1998, bertepatan dengan 24 rabiuts Tsani 1419 H, di Pondok Pesantren Al-umm, Kampong Utan, Ciputat, Jakarta

Baca Juga: Sriwijaya Berikan Reschedule Gratis bagi Penerbangan Hari Ini

Selatan. FPI didirikan oleh sejumlah haba’ib, ulama, muballigh, serta aktivis muslim dan umat Islam. Nah, tokoh yang menjadi pelopor FPI adalah Habib Rizieq Shihab.

Sebagai sebuah organisasi gerakan, para aktivis ini telah melakukan berbagai aktivitas keagamaan seperti tabligh akbar, audensi, silaturahmi, dan juga demonstrasi. Sebagai bagian dari masyarakat, FPI merasa memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam memberikan kontribusi positif untuk kemajuan bangsa.

Hingga kini markas FPI di Petamburan selalu ramai. Bahkan pada hari kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air pada Selasa (10/11/2020), markas FPI di Petamburan dipadati umat Islam dari berbagai daerah sejak dini hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini