Jelajah Wisata Kota Tua Surabaya, Bisa Kemana Saja?

Ersa Ambarita, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 408 2307513 jelajah-wisata-kota-tua-surabaya-bisa-kemana-saja-bBlyAtxdAm.jpg Gedung tua di Surabaya. (Foto: Okezone)

SURABAYA, Jawa Timur pada masa Pemerintahan Hindia Belanda pernah dijadikan sebagai pusat industri yang sangat sibuk. Dalam perjalanannya pun Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan.

Julukan ini tidak terlepas dari setiap sudut kotanya yang kaya akan tempat-tempat bersejarah. Hal ini tampak dari bangunan-bangunan bergaya klasik yang masih berdiri kokoh di sepanjang kota tua Surabaya.

Bangunan tersebut merupakan peninggalan Belanda yang menjadi saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kini momentum perjuangan tersebut telah diabadikan dalam peringatan Hari Pahlawan pada 10 November.

Berikut 5 destinasi wisata di Kota Tua Surabaya yang pas dikunjungi untuk memperingati Hari Pahlawan.

Tugu Pahlawan

 tugu

Tugu Pahlawan merupakan ikon Kota Tua Surabaya yang menyimpan kisah juang Pahlawan Indonesia dalam menentang para penjajah. Bentuk bangunan pada tugu ini terbilang unik. Dimulai dari bentuk tugu seperti paku terbalik, semakin ke atas semakin meruncing. Sedangkan badan Tugu Pahlawan dibuat dengan lengkungan-lengkungan yang berkonsep historis. Terdapat 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas. Konsep ini menyimbolkan peristiwa pertempuran pada 10 November 1945. Sementara itu, di bagian bawah bangunan dihiasi oleh Trisula yang bergambar Cakra, Stamba, Padma yang mengartikan api perjuangan.

Baca Juga: Megahnya Mausoleum Oen Giok Khouw di Petamburan, Terbesar se-Asia Tenggara!

Di kawasan Tugu Pahlawan Anda juga bisa mengunjungi Museum 10 November yang berbentuk piramida terbalik. Di tempat ini Anda akan menemukan patung ukiran pertempuran, pidato Bung Tomo dan rekaman asli suaranya yang menolak ultimatum sekutu. Bangunan ini terletak di tengah Taman Kebonrojo, di seberang kantor Gubernur Jawa Timur.

Gedung Cerutu

Gedung Cerutu berada di seberang Gedung Internatio, tepatnya di sudut Jalan Rajawali. Dulunya gedung ini adalah kantor perusahaan gula yang dibangun pada 1916. Bangunan pada gedung ini memiliki gaya arsitektur khas Belanda dengan dominan cat putih dan warna merah pada atap. Selain itu, bentuk simetris bagian depan gedung dan taburan cahaya kuning di malam hari membuat banyak pengunjung terkesima dengan gedung ini. Bangunan berdiri anggun dengan cerita lampau yang tetap hidup di hati masyarakat.

 

Gedung Internatio

Gedung Internatio dibangun pada 1920 dan dijadikan sebagai markas pasukan sekutu di Surabaya. Desain dan gaya arsitektur bangunan sangat identik dengan zaman kolonial. Gedung ini menjadi saksi tewasnya pimpinan Inggris Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby. Hal inilah yang menjadi pemicu utama meletusnya baku tembak 10 November 1945.

Jembatan Merah

 jembatan

(Foto: Instagram @panoramasurabaya)

Saat melawan sekutu, Indonesia menjadikan Jembatan Merah sebagai tempat pertahanan. Jembatan ini berada di Jalan Kembang Jepun, Kecamatan Pabean Cantian. Di sekitar kawasan ini Anda dapat menemukan bangunan tua yang dulunya digunakan Belanda sebagai pusat pemerintahan dan kantor perdagangan.

Pembangunan Jembatan Merah ini awalnya untuk menghubungkan Surabaya Timur dan Barat yang dipisahkan oleh Sungai Kalimas. Meski sekilas terlihat biasa saja, nyatanya tempat ini menjadi saksi tumpahan darah para pejuang bangsa.

Penjara Kalisosok

 

Penjara Kalisosok dibangun pada 1808 di Jalan Kalisosok. Tempat ini dikenal sangat menyeramkan karena dibangun pada masa pemerintahan Jenderal Herman Williams Daendels. Di tempat inilah para pahlawan kemerdekaan KH Mas Mansyur, WR Supratman dan HOS Tjokroaminoto pernah ditahan. Bahkan, beberapa dari pahlawan nasional lainnya harus meninggal di penjara ini karena mendapat penyiksaan dari Belanda. Keberanian para aktivis Indonesia sangat dikenal di penjara ini. Kini tembok bangunan pada penjara Kalisosok sudah dipenuhi mural yang berwarna-warni. Tempat ini kerap dijadikan sudut foto yang instagramable ketika berkunjung ke Kota Tua Surabaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini