Liburan Manja Wika Salim ke Goa Jatijajar

Faradilla Rachman, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 01:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 549 2307554 liburan-manja-wika-salim-ke-goa-jatijajar-mMvkw40Lzr.jpg Wika Salim. (Foto: Instagram @wikasalim)

KARENA keindahan Goa Jatijajar yang memukau wisatawan, Wika Salim berkesempatan bertandang ke Goa Jatijajar baru-baru ini. Lalu apa ya daya tarik dari wisata gua tersebut?

Pelantun Lagu Ngutang tersebut membagikan postingan lewat akun media sosial Instagram pribadinya saat tengah berada di Goa Jatijajar Kebumen, Jawa Tengah. Gayanya kece banget dengan outfit mewah.

Wika Salim terlihat menikmati kunjungannya ke Goa Jatijajar di Kebumen tersebut. Penasaran?

“Mampir ke Goa Jatijajar 🔥 “ tulis Wika Salim di laman caption Instagram miliknya @wikasalim.

 Wika

Ya, dari beragam wisata di Kebumen, Goa Jatijajar memang paling populer di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di Jalan Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

 

Tempat ini merupakan salah satu wisata gua tertua yang menawarkan stalaktit dan stalakmit cantik di langit-langit serta lantai gua. Terdapat pula tiang-tiang kapur yang berdiri kokoh di dalam gua.

Nah, wisata yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan ini memiliki simbol ikonik di pintu masuk gua. Yakni berupa Patung Dinosaurus yang mulutnya terbuka, serta menyemburkan air dengan arus deras.

Patung tersebut dibuat sebagai simbol bahwa Goa Jatijajar sudah sangat tua dan perairan di sekitarnya tidak pernah kering. Lalu daya tarik utama di dalam gua ini yaitu adanya diorama legenda Lutung Kasarung.

Wisatawan pun dapat menikmati diorama yang diwujudkan oleh 32 patung dari pintu masuk hingga pintu keluar gua. Selama menyusuri gua, pengunjung tidak usah khawatir gelap, karena gua ini sudah diterangi lampu.

Uniknya, terdapat hal menarik lainnya di dalam Goa Jatijajar yaitu beberapa Sendang atau kolam yang airnya berasal dari mata air pegunungan. Sendang yang bisa dijangkau pengunjung saat menyusuri goa antara lain Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi. Tetapi, yang menjadi favorit wisatawan adalah Sendang Mawar dan Sendang Kantil.

Tempat wisata Goa Jatijajar juga cocok didatangi bersama keluarga karena terdapat beberapa fasilitas, seperti area bermain anak, kolam renang, gazebo atau tikar piknik, live music tradisional, tempat kuliner hingga tempat berbelanja oleh-oleh. Mushola, toilet dan parkiran luas juga tersedia di Goa Jatijajar lho Okezoners.

Bila Anda ingin berkunjung ke Goa Jatijajar dari Kota Kebumen, waktu yang ditempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam dan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Tips jika pergi menggunakan motor ke Goa Jatijajar, Anda harus mengecek apakah mesin motor dalam keadaan baik atau tidak, bawa jas hujan dan isi bensin full karena susah menemukan pom bensin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini