Berpetualang ke Air Terjun Tanggedu Sumba, Airnya Cantik Berwarna Biru Tosca

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 408 2307661 berpetualang-ke-air-terjun-tanggedu-sumba-airnya-cantik-berwarna-biru-tosca-nu7NpFTaHA.JPG Eksotisme air terjun Tanggedu di Sumba, NTT (Foto: Instagram/@abdulfikarfajar)

CURUG atau air terjun masih menjadi daya tarik wisatawan untuk menghabiskan liburan. Salah satunya adalah Air Terjun Tanggedu di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan informasi yang disitat dari akun instagram Trip Indonesia Timur, Rabu (11/11/2020), Air Terjun Tanggedu telihat sangat memesona dengan airnya yang bening. Saking beningnya, dasar air bisa dilihat dengan mata telanjang.

Selain bening, airnya juga berwarna biru tosca. Warna tersebut kabarnya berasal dari kandungan batu kapur dan sumber mata air yang mengalir dari Sungai Tanggedu. Sehingga, air terjun ini memiliki karakteristik tersendiri.

Tak hanya air terjunnya yang menawan, tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya menambah pesona dari Air Terjun Tanggedu. Siapapun yang ke sini, dipastikan betah untuk berlama-lama.

Air Terjun Tanggedu

(Foto: Instagram/@marlyenrezekitulle)

Baca juga: Pemkab Gunungkidul DIY Kembangkan Agrowisata Karang Raya Ecopark

Kebersihan Air Terjun Tanggedu juga sangat terjaga. Wajar, karena lokasi wisata ini jauh dari hiruk pikuk kota dan letaknya yang tersembunyi membuat masyarakat sulit menemukannya. Banyak yang bilang, Air Terjun Tanggedu seperti harta karun yang menunggu untuk ditemukan.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, butuh perjuangan yang cukup panjang. Pengunjung harus menempuh perjalanan selama dua jam dari pusat Kota Waingapu. Jalanan yang dilewati juga memacu adrenalin karena kondisi jalan yang naik turun hingga sampai di Desa Tanggedu.

Perjalanan tak sampai situ saja. Pengunjung masih harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 2,5 kilometer melewati berbagai rintangan seperti menyeberangi kali kecil, membelah padang savana dan naik turun bukit.

Rasa lelah terbayar jika sudah mencapai lokasi Air Terjun Tanggedu. Ingin rasanya cepat-cepat untuk menanggalkan pakaian dan menceburkan diri ke kolam berair jernih itu.

Air Terjun Tanggedu dengan nama lain Twin Canyon ini buka setiap hari dalam 24 jam dengan harga tiket masuk Rp2.000 sampai Rp5.000 (weekday/weekend).

Selain air terjun ini, Pulau Sumba menyimpan banyak keindahan alam lain yang patut dijelajahi. Agar perjalanan jauh ke Pulau Sumba tidak mubazir, ada baiknya kunjungi sekaligus sejumlah objek wisata di daerah tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini