Mau Berburu Air Terjun di Yogyakarta? Berikut Rekomendasinya

Chotimah, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 408 2307684 mau-berburu-air-terjun-di-yogyakarta-berikut-rekomendasinya-4CsnYOIu9c.jpg Air Terjun Sri Gethuk. (Foto Instagram jogja24)

TERLEPAS dari hiruk piruk perkotaan, membuat Anda ingin merilekskan tubuh serta pikiran. Beragam destinasi wisata yang bisa Anda temukan di Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti wisata alam air terjun.

Aliran air terjun yang deras sangat cocok sebagai referensi Anda untuk menyegarkan tubuh. Saat liburan ke Yogyakarta jangan lupa mampir ya!

Laman Instagram liburan.dijogja pun merekomendasikan berbagai tempat wisata air terjun indah di Yogyakarta.

"Hai guys ni buat kalian yang lagi pengen nyebur ataupun menikmati keindahan Air Terjun di Jogja😍 Kuy cek rekomendasi Mimin guys!," tulis keterangan foto yang diunggahnya.

Kira-kira wisata air terjun indah di Yogyakarta ada di mana saja ya? Yuk intip ulasannya berikut ini.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk menjadi pilihan utama bagi wisatawan di kala penat. Sama seperti air terjun pada umumnya tetapi jika ingin melihat langsung Anda harus menelusuri sungai terlebih dahulu karena berada di tepian tebing.

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak yang ditempuh cukup mudah sekitar 45 kilometer dari Pusat Kota Yogyakarta serta waktu yang ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Tapi selama perjalanan Anda akan dimanjakan oleh pemandangan nan asri serta udara yang sejuk.

Air terjun yang tak hanya menawarkan pesonanya, di sini pun Anda bisa melakukan aktivitas seperti rafting sungai bersama teman untuk menaklukan derasnya air serta cliff jumping dimana Anda akan merasakan sensasi segarnya air saat lompat dari atas tebing untuk menceburkan diri ke Sungai Oya yang menawarkan pesona air kehijauan. Tiket masuk yang ditawarkan seharga Rp5.000 hingga Rp10.000.

Air Terjun Banyu Nibo

Wisata air terjun selanjutnya dengan menyuguhkan kesegaran mata serta badan yakni Banyu Nibo. Terletak di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nikmati sensasi pemandangan air terjun yang jatuh dengan aliran air yang menenangkan serta berswafoto di atas bebatuan karang berlatar belakang Air Terjun Banyu Nibo. Objek wisata ini sangat cocok menjadi pilihan Anda saat ingin bermain air, rasakan sensasi segarnya air saat menceburkan diri ke kolam. Jangan khawatir, air yang ada di air terjun ini tidak dalam, tetapi Anda tetap harus berhati-hati

Setelah menikmati segarnya air terjun, Anda pun bisa bersantai di gazebo yang tersedia. Serta menyantap hidangan yang ada sambil melihat pemandangan nan asri. Berkunjung ke air terjun ini hanya membayar uang parkir sebesar Rp3.000 saja. Waktu yang cocok untuk singgah yakni pagi hari karena pukul 08.00, air terjun ini sudah bisa dikunjungi.

Air Terjun Sidoharjo

 Air

Di musin penghujan seperti ini memang terasa enggan untuk berkunjung ke wisata air. Tapi siapa sangka Air Terjun Sidoharjo menjadi ramai oleh pelancong yang ingin menikmati panaroma yang memukau karena debit air yang tengah tinggi di waktu tersebut.

Terletak di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Jalan menuju tempat ini terdapat cukup banyak tanjakan curam dan berliku. Namun perjalanan itu akan terbayar, karena di Air Terjun Sidaharjo pengunjung bisa bermain di bawah aliran air yang menyegarkan.

"Di jalan, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah, sawah, bukit menoreh, serta sungai indah khas Kulonprogo," ungkap laman Instagram jogjaimages.

Serta Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang air terjun dan pesona alam nan asri.

"Air terjunnya masih sepi dan alami banget. Kalian harus kesini pokoknya," tambahnya.

Tempat ini tidak dipungut biaya apapun tapi jika sungkan Anda bisa membayar seikhlasnya.

Air Terjun Gedhe

Jika Anda berencana ke Air Terjun Gedhe, disarankan untuk datang pada musim hujan. Karena debit air terjun yang mengalir hanya datang di kala penghujan tiba.

Tidak lucu bukan jika datang hanya melihat tebing kering. Terlepas dari debit air terjunnya, lokasi ini terkadang menjadi pilihan para pencinta alam untuk berlatih rapelling. Bahkan kawasan air terjun purba ini juga bisa digunakan untuk outbound.

Objek wisata yang terletak di Dusun Gambyong, Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul hanya berjarak 12 kilometer dari Kecamatan Pathuk dan dapat di tempuh dalam waktu satu jam berkendara dari Kota Yogyakarta. Tempat wisata dengan debit air yang sangat tinggi memiliki limpahan air dari puncak, terutama saat musim penghujan. Dengan kedalaman dasar yang mencapai dua hingga tiga meter, wisatawan dapat menikmati kesegaran di bawah air terjun yang mengalir begitu deras.

Tempat ini pun terbilang Instagramable, apalagi bagi para pecinta petualangan dan photografer. Anda bisa menemukan berbagai spot foto yang bernuansa alami. Sehingga Air Terjun Gedhe bisa Anda jadikan referensi wisata air selanjutnya.

Air Terjun Kedung Kandang

Salah satu air terjun terbaik di Yogyakarta yakni Air Terjun Kedung Kandang. Banyak menyebut bahwa kawasan air terjun ini seperti yang ada di Ubud, Bali. Tempat ini berlokasi di Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Air Terjun Kedung kandang memang memiliki panaroma alam yang mengagumkan. Tempat ini berbeda dengan air terjun lain pada umumnya, yang berada di gugusan tebing batu serta sawah yang berundak atau membentuk terasering seperti yang ada di Ubud, Bali. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, Anda akan disediakan gazebo untuk beristirahat di kala lelah saat menuju titik Air Terjun Kedung Kandang.

Objek ini masih terbilang asri, sangat cocok untuk Anda yang ingin merilekskan tubuh serta pikiran di kala penat. Hal itu membuat tempat ini tidak dipungut biaya melainkan hanya membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini