Angela Tanoesoedibjo: Petakan Tantangan dan Peluang demi Pulihkan Sektor Parekraf

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 406 2308235 angela-tanoesoedibjo-petakan-tantangan-dan-peluang-demi-pulihkan-sektor-parekraf-2k3hm2bMs5.jpg Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo (Foto: Dok. Kemenparekraf)

WAKIL Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo menyoroti dampak pandemi Covid-19 dan pengembangan ekonomi kreatif untuk pemulihan krisis, saat membuka World Conference on Creative Economy 2020.

Dalam pidatonya, Angela mengatakan bahwa setiap negara tengah menghadapi tantangan global yang telah mengubah kehidupan banyak orang.

"Hari ini kita menghadapi tantangan global yang mengubah cara kita hidup. Wabah telah mengakibatkan keterbatasan global, mobilitas nasional dan sangat memengaruhi industri kreatif," tutur Angela Tanoesoedibjo, seperti dikutip Okezone dari akun Instagram @galeri.wamenparekraf.

Infografis Negeri di Atas Awan

Baca juga: Disbudpar Bandung Minta Hotel Jamin Kenyamanan demi Gaet Wisatawan

Lebih lanjut Angela menjelaskan, hal itu terjadi karena adanya pembatasan aktivitas di sejumlah sektor yang akhirnya menimbulkan efek monopoli. Tak terkecuali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pembatasan perjalanan dan pelarangan event atau kegiatan yang memicu kerumunan massa, tidak dapat dipungkiri telah mengacaukan industri kreatif.

Ironisnya, para pelaku industri kreatif ini sebagian besar merupakan pengusaha bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM), self employee, dan juga freelancer.

"Mereka memiliki keterbatasan finansial untuk menghadapi pandemi ini. Sehingga harus terus kita bantu agar bisa segera bangkit kembali," tegas Angela.

Di sisi lain, Angela melihat bahwa sektor lain terutama di bidang-bidang usaha yang berkaitan dengan digital dan jasa, justru semakin berkembang dan tumbuh pesat di masa pandemi Covid-19.

"Maka dari itu, mulai sekarang kita perlu memetakan tantangan dan mencari peluang dari fenomena digital ini, sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari krisis," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini