6 Kota Tertua di Dunia, Objek Wisata Sejarah Peradaban Manusia

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 408 2308408 6-kota-tertua-di-dunia-objek-wisata-sejarah-peradaban-manusia-9ZqRgS1cu5.jpg Athena, Yunani salah satu kota tertua di dunia (Shutterstock)

SELAMA ribuan tahun, manusia telah berkumpul dan membentuk kota sebagai cara untuk memastikan perlindungan, akses ke makanan dan air, bahkan hanya untuk memenuhi kebutuhan sosial kita. Para arkeolog terus menemukan artefak, kuil, dan situs kuno baru di beberapa kota tertua di dunia.

Meskipun kita mungkin tidak sepenuhnya mengetahui secara pasti usia sebenarnya dari kota-kota ini, bukti yang ditemukan dapat menjelaskan saat orang pertama kali menetap di beberapa kota ini.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Terkenal di Kampung Leluhur Kamala Harris, Wapres Terpilih Amerika Serikat

Terlepas dari itu, lokasi ini penting secara budaya dan merupakan bagian penting dari pemahaman sejarah manusia.

Melansir dari World Atlas, Kamis (12/11/2020), berikut 6 kota tertua di dunia :

Jericho, Palestina

Yericho atau Ariha adalah sebuah kota yang berada di Tepi Barat Timur Tengah, di dekat sungai Yordan. Para arkeolog telah menemukan 20 lapisan pemukiman yang berbeda di Jericho serta kota tersebut telah dihancurkan dan dibangun kembali lebih dari sekali.ilustrasi

Kota Jericho, Palestina (Shutterstock)

Kota Jericho dimulai sebagai tempat berkemah bagi pemburu-pengumpul Natufian sekitar 10.000 Sebelum Masehi (SM), tetapi penggalian lebih lanjut oleh arkeolog telah mengungkapkan bahwa manusia pertama kali menempati situs kota tua tersebut sejak 12.000 SM. Kota yang sekarang berada di Tepi Barat Palestina ini dihuni lebih dari 25.000 orang.

Argos, Yunani

Argos dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia yang terus dihuni sejak 5000 SM. Kota tersebut terletak di antara dua bukit di semenanjung Peloponnese Yunani, semenanjung yang sama di mana Sparta ditemukan.

ilustrasi

Argos, Yunani (Shutterstock)

Argos adalah sebuah pemukiman Mycenaean penting di Zaman Perunggu Akhir antara tahun 1700 hingga 1100 SM. Catatan sejarah kota ini sebagai pusat budaya di zaman Kekaisaran Yunani. Saat ini wisatawan yang berkunjung ke kota Argos akan menemukan banyak reruntuhan yang menarik untuk dijelajahi, terutama teater Yunani dan pemandian Romawi.

Baca juga: 5 Destinasi Bukit Teletubbies di Indonesia, dari Bandung hingga NTT

Byblos, Lebanon

Byblos juga dikenal sebagai kota pelabuhan dan pusat perdagangan yang berjarak 25 mil atau 40 Km dari kota Beirut, Lebanon. Kota ini telah dihuni selama lebih dari 7.000 tahun lalu. Penggalian dilakukan oleh para arkeolog dan menemukan bahwa manusia telah menduduki kota Byblos sejak zaman Neolitikum, antara 8.800 hingga 7.000 SM.

ilustrasi

Byblos, Lebanon (Shutterstock)

Dalam mitologi Yunani, Byblos adalah sebuah kota yang dibangun oleh Cronus, dewa waktu, sebagai kota pertama di Fenisia, yang sekarang dikenal sebagai Lebanon. Kota ini menjadi situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1984 dan menjadi lokasi penting dalam perkembangan alfabet Fenisia, yang merupakan nenek moyang bahasa Ibrani modern.

Athena, Yunani

Athena adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Yunani. kota tersebut dikenal sebagai tempat kelahiran peradaban dan demokrasi barat. Manusia telah tinggal di kota Athena setidaknya selama 7.000 tahun, namun keberadaan manusia tertua yang diketahui berasal dari zaman Millenium ke-11 dan 7 SM.

Zaman keemasan Athena kuno dikenal sebagai tempat kelahiran bagi para pemikir terbesar dalam sejarah, seperti Socrates, Aristoteles, dan Hippocrates. Saat ini Athena memiliki lebih dari 3 juta penduduk. Para pengunjung dapat melihat reruntuhan bangunan kuno dan Parthenon bersejarah dari era Yunani, Romawi, Bizantium dan Ottoman.

Susa/Shush, Iran

Susa atau Susan adalah sebuah pemukimana kecil yang sudah ada sejak tahun 7.000 SM dan menjadi pusat kota sekitar 4.200 SM. Kota tersebut terletak di kaki Pegunungan Zagros dan sebelah timur Sungai Tigris. Susa menjadi kota penting karena posisinya terletak di sepanjang rute perdagangan dan menjadi Ibu Kota Kerajaan Elam sampai Kerajaan Asiria di masa lalu.

Susa menjadi situs warisan dunia UNESCO karena sejarah dan signifikansi terhadap budayanya. Bangunan pemukiman di kota ini dibuat bertingkat dan ditumpangkan di atas satu sama lain. Bangunan di kota Susa sebagian besar masih belum diperiksa oleh para arkeolog.

Damaskus, Suriah

Damaskus disebut-sebut sebagai kota berpenduduk tertua di dunia yang diperkirakan tinggal di daerah itu sejak 10.000 SM. Setelah melakukan penggalian, para arkeolog menemukan bahwa manusia pertama kali mendiami daerah tersebut antara 10.000 dan 8.000 SM.

Lokasinya yang berada di lepas laut Mediterania dan di persimpangan dua benua Asia dan Afrika, kota Damaskus menjadi kota yang penting bagi peradaban dunia.

Ibu kota sekaligus kota terbesar negara Suriah ini memiliki masjid tertua dan terbesar di kota tersebut, yakni Masjid Agung Umayyah yang dibangun antara tahun 705 sampai 715 masehi. Pada tahun 2008, kota Damaskus dijuluki sebagai Ibu Kota Kebudayaan Arab. Diperkirakan populasi penduduk di kota ini lebih dari 4,5 juta orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini