Pulas Garden, Agrowisata dan Pusat Edukasi Tanaman Obat di Banjarnegara

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 408 2308535 pulas-garden-agrowisata-dan-pusat-edukasi-tanaman-obat-di-banjarnegara-ayusRbAn9v.JPG Agrowisata Pulas Garden di Banjarnegara, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@pulasgarden)

WILAYAH Banjarnegara, Jawa Tengah menyimpan destinasi agrowisata yang cocok menjadi sarana edukasi kesehatan. Di tempat ini pengunjung dapat mempelajari ratusan tanaman obat keluarga serta berswafoto (selfie) dengan spot berbahan barang bekas.

Tempat wisata ini bernama Pulas Garden, letaknya di Desa Sipedang, Banjarmangu, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 1,5 hektare, tempat tersebut dimanfaatkan menjadi taman edukasi. Di Pulas Garden terdapat 234 jenis tanaman obat keluarga yang bisa dipelajari oleh para pengunjung sembari berwisata.

"Menurut saya pemandangan di sini bagus kok, juga di sini kita bisa mempelajari tanaman-tanaman toga. Terlebih sekarang masa pandemi, kita bisa mempelajari lebih tentang tanaman-tanaman yang untuk meningkatkan imunitas tubuh kita," ujar salah seorang pengunjung, Vena Yeni Oktavina mengutip dari channel YouTube Official iNews SMG, Kamis (12/11/2020).

Tanaman obat keluarga yang terdapat di wisata ini meliputi jahe merah, kunyit, lengkuas, sambiloto, purwaceng dan masih banyak lainnya. "Jahe merah, kunyit, ada sambiloto dan berbagai macam banyak untuk imunitas tubuh,” kata Mahoed Dwi Astoro selaku pengelola wisata Pulas Garden.

Baca juga: Pemprov Bangka Belitung Promosikan Wisata Sejarah Melalui Film

Selain itu, ada yang berbeda dari objek wisata ini dengan objek wisata lain pada umumnya. Di mana segala ornamen dan dekorasi yang terpasang di Pulas Garden menggunakan sampah limbah serta barang-barang bekas yang tidak terpakai, seperti ban dan bambu.

“Di sini memanfaatkan barang bekas yang ada, kayak ban mobil, kayak ban motor. Pokoknya apa yang ada di sini kita manfaatkan dan kita kupas untuk sebuah spot selfie," ujar Mahoed.

Tidak hanya mendapat pengetahuan mengenai tanaman obat keluarga, wisatawan juga dapat memanjakan mata dengan panorama hijaunya alam dan udara sejuk pegunungan. Berbagai spot foto unik berlatar belakang pegunungan eksotis disajikan di tempat ini.

"Dilihat di sini spot-spot buat selfie-nya itu kreatif gitu. Dari bambu, dari limbah yang sudah tidak terpakai. Cocok sih buat saya, apalagi kan pemandangannya gunung-gunung gitu kan alami," kata Iis Sholehah pengunjung lainnya.

Nama pulas sendiri memiliki filosofi yang unik, dalam bahasa Jawa, pulas berarti pewarna dan dalam kamus besar bahasa Indonesia, pulas memiliki arti tidur nyenyak.

Maka harapannya pulas garden ini dapat mewarnai pariwisata di Banjarnegara dengan memberdayakan masyarakat Desa Sipedang sehingga dapat tidur nyenyak dengan suguhan panorama alamnya.

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Pulas Garden, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Wisatawan tak perlu khawatir, destinasi wisata konsisten menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini