5 Kuliner ini Wajib Anda Cicipi saat Berkunjung ke Tabanan Bali

Karina Asta Widara , Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 25 2309012 5-kuliner-ini-wajib-anda-cicipi-saat-berkunjung-ke-tabanan-bali-XNVpPin10Y.jpg Foto : Dok Okezone

Kabupaten Tabanan Bali tidak hanya terkenal karena pemandangan sawah teraseringnya saja. Tetapi, Tabanan juga menyimpan banyak wisata kuliner khas Bali yang diwariskan secara turun menurun yang memiliki cita rasa khas Indonesia yang lezat. Nah, berikut adalah rekomendasi makanan apa saja yang wajib wisatawan coba ketika liburan ke Tabanan Bali.

Lawar Kuwir

Masakan Bali terkenal dengan keanekaragaman rempah-rempahnya yang sangat kental sehingga menciptakan aroma dan kelezatan dari makanan itu sendiri. Nah, salah satu jenis makanan khas Tabanan yang wajib dicicipi adalah Lawar Kuwir yang merupakan jenis makanan urab khas Bali dari campuran sayur-sayuran dan daging cincang atau seafood yang diolah menjadi satu menggunakan rempah-rempah khas Bali. Soal rasa tentu saja tak perlu diragukan lagi, karena Lawar memiliki rasa yang gurih dan pedas yang cocok untuk Anda jadikan sebagai lauk.

Sambal Bejek Belayu

Bali tidak hanya terkenal dengan sambal matahnya saja lho. Ada sambal khas Tabanan yang ternyata tidak kalah lezatnya dengan rasa sambal matah Bali. Yakni, Sambal Bejek Belayu yang merupakan sambal dari campuran daun serai, cabai rawit merah dan kecombrang yang dikombinasikan bersama suwiran ayam nan gurih. udah kebayang dong rasanya selezat apa?

Bubur Tridatu

Jatiluwih memang dikenal sebagai salah satu penghasil beras tersbesar di pupau Bali. Tidak heran jika kawasan ini juga memiliki kuliner khas yang terbuat dari tiga jenis beras yakni, beras merah, putih, dan hitam. Nama makanan khas Tabanan ini adalah bubur tridatu yang disajikan bersama kuah dari gula merah. namun, agar rasanya lebih nikmat, jangan gunakan sendok ketika menyantapnya, melainkan menggunakan daun kelapa atau janur.

Teh beras merah

Jika minuman teh biasanya dibuat dari daun teh asli, kali ini ada yang unik dari Tabanan, yakni, teh yang terbuat dari beras merah. Sesuai dengan namanya 'teh beras merah' ini aroma yang khas yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh serta memiliki serat yang tinggi lho.

 Laklak Pisang

Laklak Pisang merupakan makanan khas Tabanan yang cukup mudah ditemukan di setiap sudut Desa ini.Cemilan khas tabanan ini sekolas sangat mirip dengan serabi namun lebih tipis laiknya crepes. Laklak Pisang ini terbuar dari campuran utamanya yakni tepung terigu, tepung kanji, tepung beras yang diberi toping pisang dan taburan kelapa parut yang dipanggang menggunakan tungku kayu bakar sehingga menciptakan rasa yang masih sangat tradisional.

 CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini