Menjelajah Wisata Baru di Tasikmalaya, Tebing Karang Lenang hingga Curug Panoongan

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 408 2309202 menjelajah-wisata-baru-di-tasikmalaya-tebing-karang-lenang-hingga-curug-panoongan-G8PFQdUyS2.JPG Curug Panoongan, destinasi wisata baru di Tasikmalaya, Jawa Barat (Foto: MNC Media)

KABUPATEN Tasikmalaya, Jawa Barat telah sejak lama dikenal memiliki sejumlah objek wisata yang kerap menjadi pilihan bagi wisatawan dalam maupun luar negeri, untuk menghabiskan masa liburannya.

Beragam keindahan pemandangan alam mulai daripegunungan, air terjun, hingga pantai, banyak ditemukan di wilayah yang terletak di kaki Gunung Galunggung tersebut. Tak heran jika Tasikmalaya menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Provinsi Jawa Barat.

Meski memiliki berbagai lokasi wisata alam, namun ternyata masih banyak lokasi-lokasi baru di Kota Santri, yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

Kali ini tim Travel Addict tertantang untuk menemukan lokasi wisata baru dan menikmati keindahan alam yang ada dengan melakukan hal-hal yang memacu adrenalin.

Petualangan dua host Travel Addict, Nadhira dan Madhina, dimulai dengan melakukan perjalanan dari Kota Tasikmalaya ke arah selatan menuju Kecamatan Parungponteng.

Tebing Karang Lenang

Setelah menempuh waktu sekitar 1,5 jam, mereka tiba di Desa Cigunung, untuk kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Gunung Batu Karang Lenang. Di lokasi ini Travel Addict menjajal terjalnya Tebing Karang Lenang dengan melakukan wall climbing alias panjat tebing.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Baru di Yogyakarta Incaran Kaum Milenial

Didampingi rekan-rekan dari Touring Camp Tasikmalaya, Nadhira dan Madhina pun bersiap dengan menggunakan perlengkapan keamanan dan keselamatan sesuai standar panjat tebing.

Dengan perlahan kedua host mulai memanjat dinding tebing dengan memanfaatkan tali karmantel, hardness, carabiner dan peralatan melekat lainnya. Tebing nyaris tegak lurus 90 derajat memang tidak mudah untuk ditaklukkan.

Tak heran jika Nadhira dan Madhina sempat mengalami kesulitan, bahkan keduanya sempat terpeleset akibat licinnya tebing. Beruntung, berkat kegigihan dan ketekunan keduanya, tebing setinggi 30 meter berhasil mereka taklukkan dan tiba di puncak dengan selamat.

Ini merupakan kali pertama wisata adrenalin Tebing Karang Lenang diekspose media. Sebelumnya, lokasi ini hanya dikenal sebagai bekas tambang marmer dan belum tersentuh pihak terkait untuk dipoles menjadi lokasi wisata yang menjanjikan.

Dan tak hanya satu, ternyata masih ada potensi wisata barulainnya, yang terletak tak jauh dari Tebing Karang Lenang. Masih di kecamatan yang sama, Travel Addict juga menemukan keindahan alam tak kalah cantik di Kampung Cibanteng, yaitu Curug Panoongan.

Air terjun berundak yang dikelilingi pepohonan dan area persawahan sebagai latar belakang, berhasil mengusir lelah usai panjat tebing dan memanjakan mata Nadhira dan Madhina.

Aliran air Curug Panoongan yang berasal dari danau kawah Gunung Galunggung, terlihat jernih dan menyegarkan. Nadhira dan Madhina pun tak ingin melewatkan keindahan curug ini dengan berenang dan melompat dari sisi tebing curug alias cliff jump.

Arung Jeram di Sungai Ciwulan

Puas menemukan dua potensi wisata baru di Kecamatan Parungponteng, Nadhira dan Madhina kemudian bergerak ke arah utara menuju Kecamatan Kawalu. Kecamatan yang terletak sekitar setengah jam dari Kota Tasikmala ini memiliki wisata tantangan yang juga mampu memacu adrenalin. Bersama rekan-rekan dari Komunitas Republik Air, Nadhira dan Madhina menjajal rafting di Sungai Ciwulan.

Baca juga: Saksikan Petualangan Seru Tim Travel Addict GTV di Tenggara Pasundan!

Usai menggunakan perlengkapan keselamatan, keduanya langsung menaiki perahu karet dan mengikuti derasnya arus sungai yang cukup bervariasi. Jeram yang ada di beberapa titik sungai, cukup membuat perahu meluncur liar dan memaksa Nadhira dan Madhina berpegangan kuat ke handle perahu.

Dan seperti petualangan sebelumnya, perjalanan di atas perahu rafting semakin sempurna, dengan pemandangan alam nan asri, yang dilewati sepanjang sungai.

Pengalaman Tim Travel Addict menemukan lokasi wisata baru di Tasikmalaya ini dapat Anda saksikan pada Minggu, 15 November 2020 pukul 09.30 WIB di GTV.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini