Satgas Covid-19 Mungkin Rekomendasikan Libur Panjang pada Desember

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 406 2309646 satgas-covid-19-pertimbangkan-rekomendasi-libur-panjang-pada-desember-OjilMIXQeD.JPG Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (Foto: Okezone.com)

PEMERINTAH masih akan meninjau kemungkinan memberi rekomendasi kebijakan soal libur panjang akhir tahun Desember 2020. Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo

"Sangat mungkin Desember nanti kami beri saran kepada Presiden untuk tetap memberikan libur panjang kepada masyarakat dengan catatan tetap taat pada protokol kesehatan," kata Doni dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (14/11/2020).

Menurut dia, Satgas Penanganan Covid-19 bakal mengkaji dampak libur panjang terhadap jumlah positif terpapar Covid-19.

Ia menjelaskan, sejumlah menteri dan unsur terkait akan melakukan evaluasi terhadap dampak libur panjang terhadap penambahan pasien positif Covid-19.

"Bahwa libur kemarin karena upaya-upaya yang sangat masif untuk menyampaikan pesan-pesan patuh protokol kesehatan, liburan aman nyaman, di rumah saja dan liburan aman tanpa kerumunan, ini cukup baik sekali," terang Doni.

Baca juga: Labuan Bajo Bersolek, Sisi Keindahan Lokal Tak Akan Hilang

Dalam 1-2 pekan terakhir pasca-libur panjang Oktober, lanjut Doni, jumlah pasien positif Covid-19 tidak sebanyak saat liburan September.

Kendati begitu, dia mengakui terjadi peningkatan angka positif Covid-19 dalam dua hari terakhir yang mencapai penambahan 5.000 di masing-masing hari atau tergolong tinggi ketimbang rata-rata harian bulan ini.

"Kasus harian meningkat 5.000. Kita semua harus menaati seluruh ketentuan yang dikeluarkan pemerintah dari Kementerian Kesehatan soal protokol kesehatan," tuntasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini