Museum Manusia Purba Sangiran Dibuka Akhir November 2020

Senin 16 November 2020 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 406 2310570 museum-manusia-purba-sangiran-dibuka-akhir-november-2020-rWeXHJ7B85.jpg Museum Manusia Purba Sangiran, Sragen (Instagram @rahmawati.nur.jamilah)

MUSEUM Manusia Purba Sangiran di Sragen dan Karanganyar, Jawa Tengah rencananya dibuka kembali pada akhir November 2020, setelah delapan bulan ditutup karena pandemi Covid-19,.

Sosialisasi terkait rencana pembukaan Museum Manusia Purba Sangiran itu sudah disampaikan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran kepada para pelaku wisata di sekitar museum.

Sosialisasi terkait rencana dibukanya Museum Manusia Purba Sangiran yang mengusung tema Prosedur New Normal untuk Pelaku Wisata di Museum Sangiran itu diselenggarakan di Kantor BPSMP Sangiran pada pekan lalu.

Baca juga: Deretan Desa Adat di Indonesia yang Jadi Destinasi Wisata Unik

Pelaku wisata yang menjadi peserta sosialisasi meliputi petugas loket, pedagang souvenir, pedagang makanan, kelompok sadar wisata (pokdarwis), tokoh masyarakat, petugas parkir, Dinas Perhubungan (Dishub), perwakilan Pemerintah Desa (Pemdes) Krikilan dan Dayu.

Rencananya, Museum Manusia Purba itu dibuka untuk dua klaster yakni Krikilan dan Dayu yang berada di Karanganyar. Dalam sosialisasi itu, BPSMP Sangiran bermaksud menyamakan persepsi dengan semua pelaku wisata.

Semua pelaku wisata diharapkan mau melaksanakan protokol kesehatan yang meliputi pemakaian masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: 5 Tempat Ngopi Cantik di Yogyakarta, View-nya Keren

“Sebelum dibuka, nanti akan ada pengecekan akhir kesiapan pengelola dan prosedurnya. Semacam checklist dari BPSMP dan dinas terkait,” kata Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Cagar Budaya BPSMP Sangiran, Iwan Setiawan seperti dilansir dari Solopos, Senin (16/11/2020).

Protokol Kesehatan

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Disparpora Sragen, Muhtar Ahmadi, yang hadir dalam sosialisasi itu berharap semua pelaku wisata bisa mempersiapkan diri dahulu sebelum museum dibuka untuk umum.

“Semua pedagang, pemilik warung makan, pengelola parkir, pemandu wisata, petugas loket harus mempersiapkan diri dulu. Jika museum mau dibuka, mereka sudah siap dengan semua protokol kesehatan,” paparnya.

Kepala BPSMP Sangiran, Iskandar Mulia Siregar, menyebut usulan pembukaan Museum Manusia Purba Sangiran sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat.

“Minggu lalu ada surat dari Jakarta, ada lampu hijau untuk pembukaan Museum Sangiran dengan syarat-syarat yang harus dilakukan,” ujarnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini