Pesona Tersembunyi Air Terjun Kapalo Lumbuang, Bikin Hati Damai

Agung Sulistyo, Jurnalis · Senin 16 November 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 408 2310393 pesona-tersembunyi-air-terjun-kapalo-lumbuang-bikin-hati-damai-JFxF7T2I5f.jpg Air terjun Kapalo Lambuang di Kota Padang Panjang (Foto Dispar Padang Panjang)

SUMATERA Barat selain terkenal dengan adat dan tradisinya, juga banyak menyimpan objek-objek wisata alam tersembunyi yang memesona. Salah satunya air terjun Kapalo Lumbuang di Tanjung, Kelurahan Ganting, Kota Padang Panjang.

Potensi air terjun ini belum terkelola dengan baik sehingga masih sangat alami dan belum banyak dikenal masyarakat. Panorama air terjun ini memberikan suasana yang berbeda dalam keasriannya

Air terjun Kapalo Lumbuang bisa diakses lewat perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Padang Panjang, melewati pematang sawah dan ladang-ladang yang terhampar luas. Kemudian harus menuruni tebing yang cukup curam. Ini sangat cocok bagi penyuka petualangan.

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Alam di Wonosobo, Telaga Warna hingga Bukit Sikunir

Namun, letih perjalanan terbayar saat sampai di air terjun. Suasana yang masih sangat alami, hutan lebat dan kejernihan air yang mengalir membuat suasana hati menjadi damai.

Air terjun setinggi sekitar 20 meter ini terletak di daerah seperti cekungan tebing yang terbentuk alami dikelilingi rimbunan pohon.

“Daya tariknya unik aja gitu. Di kota yang kecil ini ada keindahan alam kayak gini. Terus (untuk menuju) tempatnya butuh petualangan juga, jadi menantang gitu,” kata Sani pengunjung air terjun Kapalo Lambuang, Sabtu 14 November lalu.

Keberadaan air terjun ini hanya diketahui oleh kalangan tertentu saja, karena akses ke lokasi agak sulit.

Air terjun Kapalo Lumbuang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata alam.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Subang Tak Kalah Populer dari Bandung

Menurut Sani, jika akses jalannya dibangun dengan baik dan disiapkan infrastruktur pendukung, air terjun Kapalo Lumbuang bisa menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan perhatian pemerintah dan peran aktif masyarakat, objek ini bisa dikembangkan menjadi sumber rezeki bagi masyarakat sekitar dan pendapatan daerah.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini