Terapkan Prokes Ketat, Belitung Siap Sambut Wisatawan pada Libur Akhir Tahun

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 406 2312761 terapkan-prokes-ketat-belitung-siap-sambut-wisatawan-pada-libur-akhir-tahun-Gb3L9bZhfB.JPG Destinasi wisata di Belitung (Foto: Instagram/@visitbelitong)

MENJELANG libur akhir tahun masyarakat mulai mempersiapkan diri menyambutnya. Sekalipun masih di suasana pandemi Covid-19, masyarakat sangat antusias kembali mengunjungi lokasi wisata.

Salah satu daerah wisata yang siap menyambut wisatawan saat liburan akhir tahun adalah Belitung.

Bupati Belitung, Sahani Saleh menjamin seluruh lokasi wisata di Belitung aman dan nyaman. Pasalnya kata dia, wisata di Belitung telah menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari hotel, rumah makan, kedai kopi dan destinasi wisata.

"Kami pastikan Belitung sangat layak dikunjungi wisatawan karena kami menjamin seluruh pelaku usaha pariwisata sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar dia.

Baca juga: Pulau Lengkuas, Serpihan Surga di Belitung dengan Sejuta Pesona

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung lanjut Sahani, melakukan berbagai promosi dengan jasa influencer dan youtuber untuk memberikan informasi bahwa pariwisata Belitung layak dikunjungi.

"Langkah ini dilakukan agar wisatawan rasa aman dan nyamannya terjamin saat berkunjung ke Belitung. Tak hanya itu, status zona hijau Covid-19 juga menjadi faktor lain daerah ini aman," terangnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Jubir Menparekraf), Prabu Revolusi mendorong pelaku industri wisata untuk melakukan sertifikasi protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

"Sertifikasi CHSE menjadi hal yang sangat penting untuk industri pariwisata khususnya bagi pelaku usaha wisata untuk memulihkan kepercayaan wisatawan di tengah pandemi," katanya.

Menurut Prabu, langkah-langkah mendapatkan sertifikasi CHSE sangat mudah dan gratis. Tapi, Kemenparekraft akan terus memantau dan melakukan audit terhadap pelaksanaan CHSE.

Sebagai informasi, terdapat sejumlah lokasi wisata mengagumkan di Belitung yang wajib dikunjungi. Di antaranya Pulau Lengkuas, Pulau Batu Kelayang, Pulau Perkasa, hingga Danau Kaolin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini