6 Ide Wisata Seru Bareng Kelurga saat Libur Akhir Tahun, Staycation hingga Trekking

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 406 2313029 6-ide-wisata-seru-bareng-kelurga-saat-libur-akhir-tahun-staycation-hingga-trekking-dn365ri4r1.jpg Glamping keluarga di Ciwidey, Bandung Barat (Instagram @glamping_ciwidey)

LIBUR panjang Natal dan Tahun Baru kerap dijadikan momen untuk liburan atau menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat dekat.

Jika Anda merencanakan liburan bersama keluarga tercinta, tidak hanya menyenangkan, namun juga bikin keakraban dan keharmonisan antar anggota keluarga makin erat.

Dilansir Okezone dari Indonesia Travel, Jumat (20/11/2020), berikut 6 ide yang bisa Anda coba untuk berlibur bersama keluarga. Pasti bikin liburan Anda penuh kenangan yang tak terlupakan :

Staycation

Staycation menjadi pilihan dan alternatif yang tepat untuk menikmati suasana baru liburan bersama keluarga apalagi ditengah Pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Istilah staycation juga lagi booming belakangan ini.

Baca juga: Foto-Foto Sunset di Pantai Mbawana Sebelum Ambruknya Batu Bolong

Anda bisa membawa anggota keluarga untuk menikmati fasilitas hotel, villa maupun homestay yang bikin liburan keluarga jadi makin seru dan akrab.

ilustrasi

Jika biasanya anggota keluarga sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, dengan staycation ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, serta berkumpul dan menikmati quality time bersama-sama.

Glamping

Anda ingin berkemah, bermalam di tenda sambil menikmati gemerlap bintang atau menikmati api unggun saat malam tiba bersama keluarga? Tenang, semua itu bisa dilakukan dengan memilih konsep liburan glamping atau glamour camping.

Sama seperti berkemah atau camping pada umumnya, yang membedakannya hanya anda akan menginap di sebuah tenda dengan fasilitas yang lengkap bak hoteng berbintang.

Baca juga: Hari Anak Sedunia, Ini 5 Objek Wisata Ramah Anak di Yogyakarta

Glamping menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin menghindar atau menjaga jarak dengan orang lain saat pandemi ini masih terjadi. Beberapa area glamping juga dilengkapi dengan fasilitas outbond yang bisa anda coba bareng keluarga yang pasti bikin liburan makin meriah.

ilustrasi

Ilustrasi glamping keluarga (Instagram @hengkykurniawan)

Apalagi, banyak lokasi glamping yang berada di area pegunungan dengan udara yang sejuk dan lingkungan yang asri, seperti Bandung dan Puncak, Bogor. Karena jarak dan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, destinasi tersebut cocok dijadikan alternatif liburan singkat bersama keluarga.

Berkunjung ke Meseum

Museum menjadi lokasi liburan bareng kelurga yang tidak hanya sekedar menghabiskan waktu untuk berlibur atau jalan-jalan, namun menjadi tempat untuk anggota keluarga belajar dan mengetahui sejarah yang tersimpan dalam museum.

Ide liburan satu ini pastinya dapat dinikmati oleh seluruh anggota kelaurga. Baik museum yang menyimpan nilai sejarah maupun museum dengan barang-barang seni kuno ataupun kontemporer, kesemuanya dapat menambah wawasan pengetahuan melalui semua cerita maupun barang-barang yang tersimpan di dalam museum.

Bermain di Taman Rekreasi

Siapa sih yang tidak mau diajak liburan ke taman bermain atau rekreasi dengan berbagai area atau wahana bermain yang seru. Anda bisa mengajak anggota keluarga bermain-main di taman rekreasi yang ada di sekitar kota anda.

Biasanya, taman rekreasi juga dilengkapi dengan beberapa tempat bermain yang bisa anda dan keluarga nikmati. Mulai dari wahana bermain yang aman untuk anak-anak, maupun wahana ekstrem yang memacu adrenalin bagi orang dewasa.

Tak perlu khawatir jika merasa haus dan lapar saat bermain di sana, karena taman-taman rekreasi tersebut biasanya memiliki restoran ataupun kedai makanan untuk para pengunjung.

Baiknya lagi, anda sudah menyiapkan makanan atau minuman yang dibawa dari rumah. Selain kebersihan makanan yang terjaga, acara rekreasi dan piknik bareng keluarga juga jadi makin seru pastinya.

Berkunjung ke Kebun Binatang

Liburan keluarga dengan mengunjungi kebun binatang tidak hanya menjadi ajang liburan semata, namun juga menjadi kegiatan edukasi dan pembelajaran tentang kehidupan hewan-hewan yang ada.

Siapa yang tidak gemas dengan tingkah laku hewan yang ada di kebun binatang tersebut. Walaupun tidak semua kota besar di Indonesia punya kebun binatang, anda tetap bisa merencanakan liburan ke kebun binatang di sekitar tempat tinggal anda dengan memilih waktu yang tepat. Misalkan saat libur anak-anak sekolah atau libur panjang di momen long weekend.

Trekking

Walaupun tidak semua anggota keluarga dapat menikmati dan mencoba, trekking bisa jadi salah satu alternatif liburan bersama keluarga yang asik dan seru. Jika ada dari anggota keluarga yang sudah dewasa, Anda bisa pilih jalur-jalur trekking yang sedikit menantang adrenalin.

Seperti melewati sungai atau menyusuri jalan berbatu yang sedikit menanjak dengan jarak tempuh yang bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Namun jika membawa anak-anak, anda bisa memilih jalur yang lebih ringan dan aman, seperti menyusuri jalan setapak dan melewati pematang sawah dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

Berlibur di alam terbuka tak hanya baik untuk anda, namun juga menjadi ajang edukasi menyenangkan untuk anak-anak agar dapat lebih mengenal alam secara langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini