Wishnutama Beri Penghargaan ke UMKM: Belilah Produk-Produk Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 406 2313224 wishnutama-beri-penghargaan-ke-umkm-belilah-produk-produk-indonesia-Wz5UsSwYRK.jpg Wishnutama. (Foto: YouTube Kemenparekraf)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memberikan apresiasi kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Apresiasi diberikan lewat Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020.

Puncak ABBI 2020 akan digelar pada 6 Desember 2020 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memberikan penghargaan kepada pelaku UMKM berprestasi dalam menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.

Wishnutama mengatakan, pandemi memang membuat dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat hampir di semua sektor. Ruang gerak dibatasi, namun gagasan seseorang untuk berkreasi, berinovasi dan terus melanjutkan karya-karya.

"Keterbatasan ini justru menjadi momentum bagi kita semua untuk melahirkan inovasi karya-karya baru yang akan membanggakan bangsa Indonesia. Arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah sangat jelas yaitu agar seluruh masyarakat harus bangga harus bangga dan cinta pada produk Indonesia," ucapnya saat Press Conference Virtual dan Peluncuran Pemilihan 33 Karya Terbaik ABBI 2020, Jumat 20 November 2020.

 wishnutama

Produk lokal, kata Wishnutama, dihasilkan oleh UMKM yang mengacu pada Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Gerakan ini merupakan sinergi aktif dari 14 Kementerian/Lembaga di bawah kordinator Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Baca Juga: Prabu Revolusi: Vaksin Covid-19 Bisa Mengubah Wajah Pariwisata dengan Cepat

Upaya ini dilakukan agar pelaku ekonomi kreatif tetap gigih berkarya dan berkontribusi kontribusi nyata dalam mendorong perekonomian nasional. Makanya mereka patut diberikan penghargaan dalam keterbatasan ini.

"Saya mendorong para pelaku usaha agar tetap berkarya dan berinovasi dan bertransformasi untuk menghasilkan produk barang dan jasa di masa pandemi," tambahnya.

Menurutnya, masyarakat Indonesia memiliki banyak talenta hebat yang mampu menciptakan karya hebat dan produk berkualitas, yang tidak kalah dengan karya dan produk bangsa lain. Namun butuh dukungan kita semua lakukan dengan cara yang paling sederhana.

Wishnutama akan memberikan apresiasi kepada UMKM dengan 11 kategori pelaku usaha. Yaitu fashion, kriya, kuliner, film, animasi, musik, aplikasi, game, manufaktur kecantikan dan kebugaran serta event. Harapannya bisa memberikan motivasi tambahan bagi para pelaku usaha untuk terus mengembangkan usahanya dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

"Belilah produk-produk Indonesia terutama yang dihasilkan oleh UMKM. Kami harap ke depan kita semakin bangga dengan produk karya bangsa kita sendiri," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini