Candi Joglo, Objek Wisata Bernuansa Bali Favorit Turis di Grobogan

Rustaman Nusantara, Jurnalis · Senin 23 November 2020 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 408 2313927 candi-joglo-objek-wisata-bernuansa-bali-favorit-turis-di-grobogan-mzIvHLNFTs.jpg Candi Joglo di Sukoharjo, Toroh, Grobogan, Jawa Tengah (Capture Youtube Sukowati Channel)

CANDI Joglo di Desa Sukoharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah mulai dipadati wisatawan terutama dari luar daerah. Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata bernuansa Bali ini diwajibkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Candi Joglo masih menjadi objek wisata favorit wisatawan domestik saat liburan di Grobogan. Tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan tiap akhir pekan, seperti terpantau pada, Minggu (22/11/2020).

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Populer di Sleman, Candi Prambanan hingga Bukit Klangon

Wisatawan umumnya ingin merasakan sensasi nuansa Bali di Candi Joglo, karena belum bisa berkunjung langsung ke Pulau Dewata lantaran masih pandemic Covid-19.

Sebelum menikmati tari Bali dan Ramayana, wisatawan diajak senam tari kecak oleh pemandu wisata di kompleks Candi Joglo. Sambil meneriakkan kecak, mereka menggerakkan tangan dan tubuh dengan irama tari kecak. Hal ini dilakukan agar tubuh sehat dan terhindar dari penyebaran virus corona.

Setelah puas senam, mereka kemudian menikmati pagelaran tari Bali dan atraksi hanoman yang membasmi segala sumber kejahatan.

Seusai menonton tari Bali, wisatawan dipersilakan ikut langsung menarikan tari Bali di atas panggung. Mereka mengaku puas dengan suguhan pagelaran tari Bali dan Ramayana.

Dengan menikmati nuansa Bali di Candi Joglo, keinginan untuk ke Pulau Dewata yang belum kesampaian pun terobati.

Baca juga: Viral di TikTok, Ini Dia Tebing Koja Seperti di Film Jurassic Park

Agus Sulistiyanto, ketua rombongan wisata dari Kendal, Jawa Tengah menilai, Candi Joglo meski menampilkan nuansa Bali yang kental, namun unsur budaya local, terutama budaya Jawa tidak ditinggalkan. Bahkan sangat bagus saat di padukan dengan kesenian Bali.

“Yang paling menarik di sini pertunjukannya. Walaupun nuansa Bali, tapi tetap mempertahankan budaya-budaya Jawa, khususnya di Kabupaten Grobongan ini,” kata Agus Sulistiyanto.

Dibuka sejak Agustus 2020, Candi Joglo mulai ramai dikunjungi wisatawan, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah Covid-19. Dalam sehari, pengunjung bisa mencapai 300 orang.

Muhadi, pengelola wisata Candi Joglo menjelaskan, jumlah wisatawan mulai meningkat sejak sebulan lalu. Hingga saat ini ia membatasi jumlah rombongan yang datang ke tempat wisata ini, agar tidak menimbulkan kerumuman besar.

ilustrasi

“Untuk wisatawan antusiasmenya sangat tinggi, mungkin karena lama tidak bisa berwisata, jadi mereka saat ini banyak sekali yang order masuk ke Candi Joglo ini,” kata Muhadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini