5 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Gratis Tiket Masuk, Apa Saja?

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Senin 23 November 2020 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 408 2314014 5-destinasi-wisata-di-yogyakarta-yang-gratis-tiket-masuk-apa-saja-lxiZ5jJsWz.jpg Bukit Bintang di Srimulyo, Gunung Kidul, Yogyakarta (Instagram @albetgunawan)

PESONA Yogyakarta seakan tak pernah pudar. Destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah, tempat-tempat bersejarah, situs cagar budaya, aneka kuliner dan spot-spot instagramable banyak dijumpai di Daerah Istimewa.

Yogyakarta juga dikenal sebagai provinsi dengan biaya hidup murah dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia, sehingga sejumlah tempat wisata di Yogya juga biaya masuknya terbilang murah bahkan ada yang gratis.

Melansir dari instagram @liburan.dijogja, Senin (23/11/2020), berikut 5 tempat wisata di Yogyakarta yang gratis tiket masuk :

Situs Warungboto

Situs Warungboto atau dikenal dengan Pesanggrahan Rajawinangun adalah salah satu bangunan cagar budaya yang merupakan tempat pemandian, karena di lokasi tersebut terdapat sebuah umbul atau sumber mata air. Situs ini terletak di Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Populer di Sleman, Candi Prambanan hingga Bukit Klangon

Situs ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I dan dilanjutkan pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono II pada tahun 1785.

“Situs Warungboto mengalami proses pemugaran dan renovasi pada tahun 2016,” tulis akun @liburan.dijogja.

Sekilas gaya arsitektur bangunan di sini mirip dengan Situs Taman Sari Yogyakarta. Kesamaan tersebut terlihat dari dinding yang tebal dan kokoh. Lorong beratap yang melengkung dan dua kolam yang berbentuk lingkaran dengan sumber air ditengahnya.

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau disingkat Alkid merupakan kawasan yang wajib dikunjungi saat menyambangi kota Yogyakarta. Alkid menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan apalagi pada saat malam hari. Gemerlap lampu berwarna-warni pada becak mini atau andong sangat menarik dilihat.

Alun-Alun Kidul merupakan sebuah lapangan berumput yang berada di belakang Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jalan Alun-Alun Kidul Patehan Kraton Yogyakarta. Di lokasi tersebut terkenal dengan adanya 2 beringin kembar yang sudah berusia ratusan tahun.

Baca juga: 4 Daftar Pantai di Gunungkidul yang Wajib Disambangi, Panoramanya Mantap Lur

Terdapat mitos dan kepercayaan masyarakat, apabila ada seseorang yang bisa melewati pohon beringin kembar dengan mata tertutup, maka permintaannya akan dikabulkan.

Para wisatawan dan pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti wisata kuliner di sepanjang jalan, bermain mobil kayuh, atau hanya sekedar duduk bersantai.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Destinasi padang pasir ini sudah terkenal seantero Yogyakarta. Area bukit pasir yang unik dan indah tersebut menjadikan destinasi populer untuk para pecinta fotografi dan bermain seluncur pasir.

ilustrasi

Gumuk Pasir Parangkusumo terdiri dari Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok, tepatnya terletak di Jalan Pantai Parangtritis RT 01, Grogol 10, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Gumuk pasir merupakan gundukan pasir yang terbentuk secara alami dan terus menerus dalam rentang waktu yang lama. Tumpukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya terbawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan.

Gumuk pasir di sini dikenal unik dan istimewa, karena dapat berubah bentuk dan berpindah tempat dikarenakan arus angin serta pengaruh alam sekitar. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam aktivitas menarik seperti sandboarding atau berfoto dengan latar hamparan pasir yang luas.

Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan lokasi terbaik menikmati keindahan kota Yogya dari atas ketinggian. Bukit yang terkenal dengan pemandangan indah nan romantis di saat malam hari dan langit yang dipenuhi bintang.

Terletak di Srimulyo, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Bukit Bintang merupakan salah satu tempat nongkorng dan hangout favorit anak milenial. Memiliki lokasi di atas ketinggian menjadikan bukit bintang pada sore hari diburu pengunjung untuk menikmati sunset yang menawan.

Sedangkan malam harinya, pengunjung akan disuguhi pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Yogya sehingga dilihat seperti bintang. Suasana yang sejuk dan memiliki kesan yang romantis menjadikan Bukit Bintang sebagai tempat nongkrong yang nyaman, anda juga dapat menikmati beragam kuliner hangat di warung-warung pinggir jalan sambil menikmati suasana kota Yogya yang bikin rindu.

Jalan Malioboro

Siapa sih yang gak tahu dan familiar dengan kawasan ini. Ada yang bilang kalau ke Yogya belum lengkap tanpa mengunjungi Malioboro dan berfoto di papan nama jalannya. Kawasan ini berada di Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

ilustrasi

Jalan Malioboro merupakan pusat ekonomi di Kota Yogya karena setiap harinya dikunjungi wisatawan. Di sepanjang Jalan Malioboro juga terdapat berbagai macam toko dan pusat perbelanjaan yang menjual berbagai macam pernak-pernik dan oleh-oleh khas Yogya.

Di Kawasan Malioboro juga terdapat banyak seniman jalanan yang berkumpul dan melakukan pertunjukan untuk mengekspresikan kemampuan mereka, seperti bermain musik, melukis dan lain-lain. Jalan Malioboro merupakan poros garis imajiner Keraton Yogyakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini