Wisata Kuliner Legendaris di Malioboro, Ini Deretan Warungnya

Faradilla Rachman, Jurnalis · Senin 23 November 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 301 2314381 wisata-kuliner-legendaris-di-malioboro-ini-deretan-warungnya-gIgAxzKqrJ.jpg Jalan Malioboro, Yogyakarta (Okezone)

LIBURAN ke Yogyakarta belum lengkap rasanya jika tanpa bertandang ke Malioboro. Kawasan wisata di Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogya ini begitu familiar di kalangan traveler Tanah Air.

Malioboro merupakan pusat ekonomi di Kota Yogya yang selalu hidup dengan aktivitas masyarakat dan wisatawan. Banyak hal menarik di Malioboro yang bisa dijajal seperti membeli oleh-oleh, berburu pakaian di Pasar Beringharjo, hingga mencicipi aneka kuliner lezat yang harganya bersahabat.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Gratis Tiket Masuk, Apa Saja?

Berbicara kuliner Malioboro memang tidak pernah ada habisnya. Kawasan ini punya banyak gerai makanan dan minuman, salah satu lokasi wisata kuliner di Yogya.

Berikut beberapa kuliner di Malioboro yang populer dan bisa bikin kangen.

1. Gudeg Yu Djum

Dijuluki sebagai Kota Gudeg, Yogyakarta memang identik dengan kuliner gudegnya yang terkenal lezat. Salah satu gudeg legendaris di Jogja yakni Gudeg Yu Djum yang berlokasi di Jalan Dagen, Nomor 2C, Malioboro, Yogyakarta.

Tidak perlu diragukan lagi akan rasanya, Gudeg Yu Djum memiliki cita rasa yang khas dan lezat di lidah para pengecapnya. Kuliner yang berisi ayam kampung dikecapi, krecek, tahu, tempe dan nangka ini memiliki rasa manis dan dicampur dengan rempah-rempah khas Indonesia serta diolahnya masih secara tradisional menggunakan tungku.

Baca juga: Candi Joglo, Objek Wisata Bernuansa Bali Favorit Turis di Grobogan

Menu yang disuguhkan Gudeg Yu Djum pun bervariasi pada topingnya, mulai dari Nasi Gudeg Krecek, Nasi Gudeg Krecek Ati Ampela, Nasi Gudeg Krecek Telur Dadar dan masih banyak lagi. Buka dari pukul 07.00-22.00, dijamin rasa gudeg ini bikin Anda rindu.

ilustrasi

Ilustrasi gudeg

Irena Katrin pun mengatakan bahwa rasanya lezat dan manisnya pas terutama kreceknya yang kenyal juga aromanya sedap rasanya mantul.

“Sebenarnya enak atau nggak tuh tergantung lidah, tapi menurut gue Yu Djum (gudeg) tuh enak dan manisnya pas. Punya aroma yang beda dari gudeg lainnya yang pernah gw cobain terus kreceknya kenyal-kenyal gurih, the best deh,” ujar Irena Katrin kepada Okezone.

2. Soto Ayam 61

Soto Ayam 61 adalah makan berkuah di Malioboro yang ramai diburu wisatawan karena memiliki racikan rasa lezat dan bikin nendang di mulut. Isian Soto Ayam 61 yaitu bihun atau soun, daging ayam suwir, irisan tomat, daun seledri, dan bawang goreng kemudian disiram kuah kaldu bening yang segar.

Terdapat menu pendamping seperti sate telur, aneka gorengan dan sate usus. Soto Ayam 61 berada di Jalan Ahmad Yani, Nomor 61, Malioboro. Harganya pun mulai dari Rp15.000 per porsinya dan buka pukul 06.00-16.30.

3. Mie Ayam Grabyas

Mie Ayam Grabyas Red Door merupakan makanan kaki lima di Malioboro yang terkenal buka pada tengah malam yakni pukul 00.00. Mie Ayam Grabyas Red Door memiliki tekstur mie yang pipih dan panjang-panjang mirip mie yamin serta rasanya lezat, gurih juga toping ayamnya tidak pelit loh Okezoners.

Pengunjung dapat menambah toping bakso, pangsit rebus dan pangsit goreng.Porsinya pun cukup untuk mengganjal perut. Jika ingin berkunjung kesini, Anda bisa menemuinya di Jalan Malioboro, seberang hotel Inna Garuda.

“Finally setelah kangen berat sama Mie Ayam ini! Yes mereka buka lagi!” ungkap official @javafoodie di laman instagramnya.

4. Angkringan Lik Man

Selain dikenal sebagai Kota Gudeg, Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Angkringan. Karena banyak pedagang angkringan yang bisa Anda temui di setiap sudut kotanya. Angkringan paling legend di kota ini adalah Angkringan Lik Man. Menu yang ditawarkan mulai dari nasi kucing, aneka sate, gorengan, teh, susu jahe, kopi dan es jeruk.

Menu favorit pengunjung di Angkringan Lik Man yaitu Kopi Joss. Kopi Joss merupakan kopi hitam khas Jogja yang disajikan bersama arang panas di dalamnya kemudian akan timbul suara joss. Oleh karena itu, dinamai Kopi Joss. Lokasinya berada di Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta.

Hampir setiap hari Angkringan Lik Man tidak pernah sepi pengunjung. Biasanya, paling angkringingan ini dijadikan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda Yogyakarta. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis, sesuai dengan harga makanan kaki lima.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini