Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Berikat, Surga Bahari di Ujung Pulau Bangka

Chotimah, Jurnalis · Senin 23 November 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 408 2314470 menikmati-keindahan-pantai-tanjung-berikat-surga-bahari-di-ujung-pulau-bangka-ouRhGBqv7v.JPG Pantai Tanjung Berikat di Bangka Tengah (Foto: Instagram/@ans_pkp)

KABUPATEN Bangka Tengah menjadi salah satu surga wisata pantai yang paling diburu di Indonesia. Hamparan pasir putih dengan air laut jernih kebiruan membuat siapapun terpikat olehnya. Dialah Pantai Tanjung Berikat, yang membuat wisatawan lokal maupun mancanegara terpikat.

Pantai yang kerap disebut sebagai serpihan surga yang tercecer ini terletak di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Kepopuleran pantai tersebut kini mulai didengar oleh banyak orang karena tak sedikit dari mereka yang datang hanya sekadar untuk menikmati hawa sejuk angin sepoi-sepoi dari laut.

Wisata ini menyimpan sejuta pesona yang tak kalah indah dari pantai lainnya di Indonesia. Hal itu dikuatkan oleh hamparan pasir putihnya yang halus, dan kehadiran bebatuan granit raksasa. Alhasil, panorama pantai ini sangat memanjakan mata pengunjung.

Bebatuan granit raksasa berpadu air laut kebiruan, semakin menahbiskan Pantai Tanjung Berikat sebagai salah satu destinasi pantai paling recommended bagi Anda. Panoramanya yang cantik nan eksotis sangat ideal diabadikan sebagai spot foto yang instagenik.

Pantai Tanjung Berikat

(Foto: Instagram/@ega_airie)

Baca juga: Wisatawan Rela Bermalam demi Bisa Masuk ke Objek Wisata Ini

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa mengikuti berbagai aktivitas seru yang ada di pantai ini, seperti berenang, snorkeling ataupun diving untuk melihat keindahan bawah laut yang memesona.

Karakteristik ombak di pantai ini cukup tenang sehingga orangtua tak perlu terlalu khawatir membawa buah hati mereka bermain. Namun, tetap sang anak harus dalam pengawasan ketat.

Seorang pengunjung, Yeye mengaku jika Pantai Tanjung Belikat merupakan tempat favoritnya untuk menghabiskan liburan bersama keluarga, teman dan komunitas.

"Menurut saya pantainya indah dan air lautnya bening serta menjadi tempat favorit saya dengan teman untuk berlibur dikala penat. Selain itu, lokasinya terjaga banget. Pokoknya enggak akan rugi melihat kenyamanan dan kebersihan dari pantai ini," kata dia, melansir dari channel YouTube Lintas iNews, Senin (23/11/2020).

Sementara itu, pepohonan besar yang mengelilingi area Pantai Tanjung Berikat membuat suasana sangat asri alami dan teduh. Apalagi, ditemani bekal makan siang ataupun ragam menu seafood di sekitar pantai.

Untuk menikmati Pantai Tanjung Berikat ini, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer dari Kota Koba menggunakan kendaraan pribadi.

Biaya tiket masuk pun cukup terjangkau, dengan membayar hanya Rp10.000 saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Tanjung Berikat.

Adapun fasilitas penunjang yang disiapkan bagi pengunjung di antaranya lahan parkir yang luas, toliet, gazebo serta tempat penginapan. Anda juga bisa membangun tenda di sekitar area pantai tersebut.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati matahari terbit maupun tenggelam dari puncak mercusuar, spot tersebut dijadikan gardu paling favorit bagi pengunjung karena Anda bisa melihat deretan bukit hijau nan asri yang mengelilinginya.

"Selama pandemi Covid-19, masih banyak pengunjung yang datang dengan jumlah stabil, kemungkinan karena wisata pantai terbilang alam terbuka jadi wisatawan merasa nyaman jika berwisata ke Pantai Tanjung Berikat ini," kata Ketua kelompok Sadar Wisata Pantai Tanjung Berikat, Rino.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini