Pesona Harau Valley, Lembah Indah Mirip Yosemite California di Sumbar

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 408 2314657 pesona-harau-valley-lembah-indah-mirip-yosemite-califonia-di-sumbar-Hhtc7gaEST.jpg Harau Valley. (Foto: Instagram visitsumatera_)

MENIKMATI lembah kini tak perlu jauh-jauh ke Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat. Karena di Kabupaten Lima Puluh Koto, Sumatera Barat terdapat Harau Valley.

Harau Valley diapit oleh dua bukit cadas dengan tinggi 150 meter ini membuat pemandangan di sekitarnya tampak sejuk, alami, dan rindang persis seperti Yosemite, California, Amerika Serikat. Dilansir dari Indonesia Travel, di lembah ini terdapat satwa liar yang masih berkeliaran dengan bebas seperti owa dan kera.

Sebenarnya, Kabupaten Lima Puluh Kota ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam seluas 669 hektar. Maka tak heran jika keindahan alam Harau Valley masih terjaga dengan sangat baik yang bisa memanjakan mata wisatawan.

Pengunjung akan mendapatkan ketenangan ditemani dengan suara panggilan kera dan kicauan burung menjadikan Lembah Harau tempat liburan yang sempurna. Di sini, fotografer akan dimanjakan dengan dinding batu yang menjulang tinggi serta terdapat 300 tempat untuk memanjat, yang membuat pemanjat tebing akan menganggapnya sebagai tantangan yang curam dan signifikan.

Lembah ini cukup jarang dikunjungi sehingga wisatawan dapat memanjat tebingnya dengan tenang. Rumah-rumah warga yang berjejer rapi pun turut andil dalam memanjakan mata wisatawan.

Baca Juga: Sensasi Unik Glamping di Bandara, Mau Coba?

Pengunjung dapat mendatanginya menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat agar suasana ala Yosemite-nya pun terasa. Jalanan di sekitar lembah tergolong bagus dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang sehingga wisatawan dapat dengan puas berkeliling di sekitar lembah.

Berhati-hatilah saat mengendarai kendaraan Anda karena terdapat banyak kera yang menyeberang. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung dapat menaiki bis dari Bukittinggi menuju Pekanbaru yang akan berhenti di jalan Lembah Harau. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Bukittinggi, wisatawan dapat menyewa motor atau mobil.

Baca Juga: Ariel Tatum Kulineran Keliling Dunia, Apa Sih yang Dimakan??

Karena berada di kawasan cagar alam, pengunjung harus membayar biaya masuk meskipun petugasnya tidak terliihat. Selain menikmati keindahan tebing, wisatawan juga bisa merasakan segarnya air terjun yang berada di kawasan Harau ini.

Pastikan untuk mempunyai persiapan yang cukup ya serta tetap patuhi protokol kesehatan dan selamat berlibur!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini