6 Tips Aman dan Nyaman Berkemah Selama Pandemi Covid-19

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Senin 23 November 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 549 2314435 6-tips-aman-dan-nyaman-berkemah-selama-pandemi-covid-19-TIkkrXFCiT.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@campingrm)

KEGIATAN berkemah kerap dianggap sebagai aktivitas berisiko besar terhadap penularan virus corona atau Covid-19. Namun, hal itu bisa jadi terbantahkan, asalkan pelakunya benar-benar disiplin menegakkan protokol kesehatan selama berkemah.

Namun, jika Anda hendak berkemah, sangat dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai standar WHO.

Selain itu, adapula tips yang bisa dipraktikkan agar aktivitas camping Anda menjadi aman dan nyaman, sekalipun masih di masa pandemi saat ini. Berikut ulasannya:

1. Pergi sendiri atau bersama keluarga

Pergi berkemah seorang diri atau bersama keluarga dekat ialah cara paling efektif menghindari penularan Covid-19. Sebaliknya, berkemah dengan jumlah orang yang banyak malah berisiko tinggi tertular.

Baca juga: Wisatawan Rela Bermalam demi Bisa Masuk ke Objek Wisata Ini

2. Membawa alat makan dan botol minum sendiri

Kegiatan berkemah identik dengan masak memasak maupun makan bersama di alam terbuka. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan alat makan dan minum pribadi.

Gunakanlah alat makan dan minum yang ringkas, ringan, dan mudah dibawa. Cara membersihkannya pun harus mudah, dengan hanya menggunakan tisu basah.

3. Bikin perencanaan matang

Jangan pernah Anda pergi berkemah tanpa perencanaan matang. Pastikan untuk selalu membawa berbagai barang yang dibutuhkan.

Cek pula prakiraan cuaca di lokasi kemah atau sebisa mungkin reservasi tempat terlebih dahulu. Sebab, di masa pandemi seperti saat ini, rata-rata tempat kemah membatasi jumlah pengunjung.

4. Membawa hygiene kit

Hygiene kit berisi peralatan wajib yang dibawa selama berkemah. Apalagi di masa pandemi saat ini. lsinya berupa hand sanitizer, disinfektan spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair.

5. Hindari keramaian saat berkemah

Sebaiknya hindari tempat berkemah yang terlalu ramai. Jangan memaksakan diri karena tempat kerumunan justru bisa meningkatkan risiko penyebaran Covid-19.

Pastikan spot tenda yang didirikan berjarak cukup jauh dengan kelompok lain yang juga sedang berkemah di sana.

6. Disiplin terapkan 3M dan jangan lengah

Selalu terapkan 3M di tempat berkemah, yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, serta menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Setelah melakukan serangkaian tips tersebut selanjutnya serahkanlah kepada Tuhan dengan banyak berdoa dan tentunya senantiasa berpikiran positif. Selamat berkemah ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini