Pas Buat Nostalgia, Ini 5 Kafe Bernuansa Vintage di Yogyakarta

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 301 2315181 pas-buat-nostalgia-ini-5-kafe-bernuansa-vintage-di-yogyakarta-FpqY76Qkax.JPG Warung Lawas, Yogyakarta (Instagram @warung.lawas)

YOGYAKARTA tak melulu tentang wisata alamnya. Daerah Istimewa ini juga punya sederet kafe unik bernuansa vintage, cocok buat Anda yang ingin mencari suasana berbeda atau bernostalgia.

Kafe vintage identik dengan hal-hal jadul dan bergaya unik, baik dari menu yang ditawarkan hingga dekorasi ruangannya. Tema ini sering menarik minat pengunjung untuk hunting foto atau sekadar nongkrong saja.

Baca juga: 5 Lokasi Camping Ceria di Bogor, Budget Murah Pemandangannya Indah

Desain vintage dipadukan suasana tradisional khas Yogya, sangat menarik bukan? Berikut 5 kafe dengan nuansa vintage di Yogyakarta yang bisa bikin pikiran flashback ke era dulu.

1. Kafe 80's Bocor Alus

Di kafe ini pengunjung akan merasakan nostalgia ke era 80-an hingga 90-an. Sebab desain interiornya tampak ramai dengan barang antik yang populer di masa itu. Bahkan perabotan, furniture, hingga pajangan yang digunakan terkesan sangat jadul. Setiap sudut kafe pun dapat dimanfaatkan menjadi spot foto yang instagramable.

Tak hanya desainnya yang jadul, menu yang ditawarkan sangat tradisional dan khas rumahan, seperti pisang goreng, nasi goreng, wedang jahe, es teh dan sebagainya. Harganya juga terbilang murah meriah yakni mulai Rp2.000an saja.

Baca juga: Wisata Kuliner Legendaris di Malang, Kedainya Ada Sudah Berdiri Sebelum RI Merdeka

Dikutip dari laman instagram @kafe80bocoralus buka setiap hari mulai dari pukul 15.00 hingga 22.00 WIB selama pandemi Covid-19. Lokasinya berada di Jalan Parangtritis KM 5.5, Tarudan Kulon, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta.

2. Cafe Brick

Meski sedang berada di Jogja, namun jika singgah ke Cafe Brick pengunjung dapat merasakan suasana masa lalu khas Eropa. Sebab kafe ini mengusung tema vintage Eropa klasik yang sangat kental. Tidak hanya memberikan nuansa vintage yang cozy, tetapi sekaligus jadi tempat swafoto favorit para milenial.

Desain bangunannya terbilang unik, tembok batu bata merah, jalanan aspal dengan zebra cross dan lampu jalan, boks telepon merah khas Inggris tampak di bagian depan kafe. Ada juga vespa dan mobil klasik makin menyempurnakan konsep kafe ini.

ilustrasi

Cafe Brick (Instagram @cafebrickjogja)

Pilihan menu yang tersedia cukup beragam mulai dari yang tradisional hingga western berupa camilan, aneka minuman, makanan berat, hingga hidangan penutup. Untuk harga cukup terjangkau mulai dari Rp18 ribuan.

"Pertama ke sini tempatnya nyaman, banyak spot untuk selfie juga. Untuk harga makanan masih terjangkau dan di depan ada burger yg enak banget. Untuk minuman ada baiknya kalau pesan kopi tetap pakai cangkir biar lebih terkesan klasik," ujar Anton, salah seorang pengunjung Cafe Brick.

Cafe Brick beroperasional setiap hari pukul 08.00-24.00 WIB. Lokasinya di Jalan Damai No.8, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

3. Warung Lawas

Tempat nongkrong ini awalnya bernama Lawas 613 Cafe namun kini menjadi Warung Lawas. Suasana Jawa klasik terasa sangat kental, meja dan kursi di desain tampak mengelupas sehingga menambah kesan jadul. Interiornya tampak vintage dan instagenic dengan ornamen kuno di dalamnya.

Selain warga lokal, para wisatawan domestik hingga mancanegara juga sering singgah ke Warung Lawas. Menu yang ditawarkan merupakan masakan Indonesia hingga western. Urusan Harga pun bisa dibilang terjangkau yakni mulai dari Rp10 ribuan saja.

Lokasinya berada di Jalan Prawirotaman No.613, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Warung Lawas buka pukul 07.00-23.00 WIB.

4. Tulip Cafe

Tulip Cafe Jogja merupakan gabungan kafe dan home decor store di satu tempat yang sama. Jika berada di dalam kafe ini pengunjung akan disuguhkan desain ruangan ala Bali dengan berbagai ornamen khas bohemian.

Didominasi warna putih dan coklat hingga furniture kayu dengan dipenuhi oleh dreamcatcher dan pernak-pernik lainnya membuat kafe ini tampak terlihat vintage. Uniknya, kafe ini terdapat tas hingga perlengkapan dekorasi yang bisa dibeli pengunjung.

Latar tampilan inilah yang membuat pengunjung datang ke Tulip Cafe untuk berburu foto yang instagramable. Kebanyakan menu yang disajikan kafe ini tergolong sebagai makanan sehat, oleh karena itu jika sedang diet, Anda tak perlu khawatir makan di kafe ini.

ilustrasi

Tulip Cafe (Instagram @tulipcafejogja)

Berlokasi di Jalan Padma No.888, Panggung Sari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta. Waktu operasionalnya mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dan buka setiap hari.

5. Lekker Je Cafe

Lekker Je Cafe merupakan salah satu kafe dengan desain interior yang sangat unik dan eksotis. Terdapat berbagai poster, hiasan dinding, hingga piringan hitam membuat kafe ini terkesan sangat klasik.

Menu yang ditawarkan sangat beragam dan harganya pun cukup terjangkau. Suasananya nyaman dan hangat, cocok untuk tempat ngobrol bersama para sahabat.

Kafe unik dengan suasana lawas ini beroperasional setiap hari pukul 10.00-22.30 WIB. Lokasinya terletak di Jalan Cik Di Tiro No.22, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini