5 Gudeg Legendaris di Yogyakarta, Cita Rasanya Khas Banget

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 301 2315250 5-gudeg-legendaris-di-yogyakarta-cita-rasanya-khas-banget-WodqF1Za5B.jpg Gudeg (pamitranrentalmotor.com)

LIBURAN di Yogyakarta belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khas daerahnya. Salah satu kuliner tradisional paling terkenal di Yogya adalah gudeg. Saking populernya, Yogya juga dijuluki sebagai Kota Gudeg.

Ada istilah umum di masyarakat adalah belum sah ke Yogya jika belum mencoba gudeg.

Makanan yang dimasak dengan bumbu bercita rasa manis ini paling digemari oleh masyarakat. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Secara umum gudeg ada dua jenis yakni gudeg kering dan gudeg basah.

Baca juga: Wisata Kuliner Legendaris di Malioboro, Ini Deretan Warungnya

Melansir dari Instagram @jogja, Rabu (25/11/2020), berikut 5 gudeg legendaris di Yogyakarta yang patut dicoba :

Gudeg Sagan

Gudeg Sagan merupakan gudeg basah dengan ayam kampung sebagai lauk utamanya. Untuk menambah cita rasanya, gudeg ini diberi areh dalam jumlah yang cukup banyak. Rasa pedas sambal kreceknya pun sangat pas dan cocok dikonsumsi oleh siapa saja.

Menu lain untuk lauk pauk yang tersedia di Gudeg Sagan ini antara lain bubur/nasi gudeg krecek, tempe, tahu, telur, ati ampela, uritan dan lainnya. Semua masakan yang ada di tempat makan gudeg legendaris ini tidak menggunakan MSG sama sekali.

ilustrasi

Gudeg sagan (gudeg.net)

Gudeg Sagan terletak di Jalan Prof. Herman Yohanes No.54 A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Buka mulai pukul 9 pagi hingga 12 malam, dengan harga berkisar antara Rp8.000 – Rp30.000, anda sudah bisa menikmati seporsi gudeg khas Yogya yang legendaris ini.

Gudeg Pawon

Salah satu warung makan gudeg legendaris di Yogya ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Gudeg Pawon terletak di Jalan Janturan, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Berbeda dengan warung makan gudeg pada umunya, Gudeg Pawon mempunyai keunikan tersendiri, dinamakan pawon atau dapur karena pengunjung bebas memilih menu dan mengambil langsung dari dapur dimana gudeg lezat ini dibuat.

Baca juga: 5 Tempat Ngopi Cantik di Yogyakarta, View-nya Keren

Gudeg Pawon baru buka pada jam 9 malam dan tutup jam 12 malam. Meski buka malam hari, gudeg legendaris ini tidak pernah sepi pembeli, bahkan anda harus rela antri untuk bisa menikmati seporsi Gudeg Pawon ini.

ilustrasi

Salah satu ciri khas dari Gudeg Pawon ialah gudeg yang disajikan basah dan berkuah. Untuk menunya pun sama dengan menu gudeg pada umunya yang terdiri dari nangka muda, telur, dan beberapa bagian ayam seperti pahan dada, dan sayap. Untuk harga seporsi Gudeg Pawon berkisar mulai dari Rp13.000 hingga Rp40.000.

Gudeg Bu Sri

Salah satu warung makan gudeg yang diolah dengan racikan turun temurun dari Bu Sri yang sudah berdiri sejak tahun 1988. Gudeg Bu Sri merupakan salah satu gudeg dengan kuah yang enak khas Yogya. “gudeg basah yang mempunyai ciri khas kuah yang encer dan disajikan dengan krecek yang empuk” tulis keterangan dari gudeg-busri.com.

Gudeg Bu Sri terletak di Jalan Wates Km.2 No.62, Kasihan, Bantul, Kota Yogyakarta. Untuk anda penggemar kuliner gudeg, Gudeg Bu Sri ini cocok bagi anda yang suka gudeg namun tidak terlalu manis. Dimasak dengan cara tradisional dan dengan resep bumbu pilihan, menjadikan Gudeg Bu Sri memiliki rasa gurih dan manis yang pas.

Untuk menunya antara lain ada gudeg komplit yang terdiri dari telur, ayam, kepala, ati, ampela, paha atas dan paha bawah. Ada gudeg besek yang dibungkus dengan besek dan diberi isian lengkap seperti ayam, krecek, telur dan lainnya. Terakhir ada gudeg kendil yang dikemas dengan kendi khas Yogya dan didalamnya berisi lauk pauk ayam, telur, krecek dan lainnya.

Gudeg Mbarek Bu. Hj. Amad

Salah satu warung gudeg yang terkenal di Yogya ini terletak di Jalan Kaliurang Km 5, Sleman, Yogyakarta. Warung gudeg ini juga berdekatan dengan kampus UGM sebelah utara. Gudeg Mbarek Bu. Hj. Amad ini sudah berdiri sejak tahun 1950 dan yang membedakan dengan gudeg pada umumnya adalah adanya menu orek tempe.

“Gudeg ini juga tidak terlalu manis, agak kesat dan gurihnya pun pas” tulis keterangan instagram jogja. Untuk satu porsi gudeg terdiri dari sepiring nasi lengkap dengan sayur gudeg, sambel goreng krecek, telur pindang dan berbagai macam bagian ayam seperti paha, dada dan sayap. Harga per porsinya pun berkisar mulai dari Rp18.000 hingga Rp25.000 dan buka setiap hari mulai jam 05:30 sampai 22:00 WIB.

Gudeg Permata Bu Narti

Salah satu warung gudeg legendaris lainnya di kota Yogyakarta ialah Gudeg Permata Bu Narti yang sudah ada sejak tahun 1951. Gudeg Bu Narti memiliki cita rasa yang gurih dibandingkan dengan kebanyakan gudeg lainnya yang cenderung manis. Di sini tersedia beragam lauk pauk untuk menemani seporsi gudeg, diantaranya ayam opor, krecek, ayam suwir, telur bacem, kepala, tahu tempe dan lainnya.

Dinamakan Gudeg Permata Bu Narti karena lokasinya dekat dengan bioskop legendaris yang ada di Yogya yakni Bioskop Permata. Terletak di Jalan Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta, Gudeg Permata Bu Narti buka mulai jam 9 malam hingga 2 dinihari. Untuk seporsi gudeg yang lezat ini dibanderol dengan harga mulai Rp12.000 – Rp50.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini